" style="font-family:Roboto !important;">ANDA KURANG NYAMAN BERKENDARA KARENA CUACA SIANG HARI TERIK ??
PERFORMA AC MOBIL PARA KASKUSERS SEDANG KURANG BAIK ?
PERFORMA AC MOBIL PARA KASKUSERS SEDANG KURANG BAIK ?



GAMA PRIMA AC SOLUSINYA
Spoiler for sejarah:
GAMA PRIMA AUTO AC adalah Perusahaan Penyedia Jasa Service AirConditioning (AC) mobil, mini bus, bus, alat berat, dan lain-lain.
Berdiri pada tahun 1997 , Gama Prima AUTO AC telah berkembang menjadi bengkel terpercaya dan berkualitas di Jakarta.
Berpusat di Jalan Kemanggisan Utama Raya no 5B Slipi-Kemanggisan ( depan holland bakery kemanggisan, Gama Prima AC telah dipilih oleh jutaan costumer untuk perbaikan maupun pemasangan AC kendaraan.Pada tahun 2008 , Gama Prima AC bekerja sama oleh salah satu perusahaan Alat berat Berstandar Internasional. Gama Prima AC dipercaya dalam pemasangan AC alat berat dari 2008 sampai saat ini
Cabang lenteng agung : JALAN RAYA SRENGSENG SAWAH ARAH DEPOK 300 METER SETELAH KFC LENTENG AGUNG ARAH DEPOK JAKSEL. SEBELAH PASIR 7
Berdiri pada tahun 1997 , Gama Prima AUTO AC telah berkembang menjadi bengkel terpercaya dan berkualitas di Jakarta.
Berpusat di Jalan Kemanggisan Utama Raya no 5B Slipi-Kemanggisan ( depan holland bakery kemanggisan, Gama Prima AC telah dipilih oleh jutaan costumer untuk perbaikan maupun pemasangan AC kendaraan.Pada tahun 2008 , Gama Prima AC bekerja sama oleh salah satu perusahaan Alat berat Berstandar Internasional. Gama Prima AC dipercaya dalam pemasangan AC alat berat dari 2008 sampai saat ini
Cabang lenteng agung : JALAN RAYA SRENGSENG SAWAH ARAH DEPOK 300 METER SETELAH KFC LENTENG AGUNG ARAH DEPOK JAKSEL. SEBELAH PASIR 7
Pengerjaan di GAMA PRIMA AC meliputi :
1. Service Kompressor


2. Service Blower

3. Service Kondensor
4. Isi Freon

5. Penggantian sparepart AC mobil ( ganti filter udara, ekspantion, dll )
Pengetahuan dasar tentang ac mobil
Spoiler for pengetahuan dasar ac mobil:
Komponen AC MOBIL dan permasalahannya
1. Kompressor
kompressor ac bekerja atau berputar bersama putaran mesin menghisap gas freon dari evaporator melewati pipa low dan memompa atau menekan gas refrigerant menuju kondensor ac lewat saluran pipa ac high pressure. Di dalam kompresor ac terdapat oli kompresor atau oli khusus ac mobil yang berfungsi untuk pelumasan.

permasalahan kompressor
Berikut adalah gejala yang bisa dideteksi jika kompresor ac mulai bermasalah:
* Kompresor ac bunyi
Pada saat ac mobil dihidupkan terdengar suara agak kasar dari ruang mesin tetapi begitu tombol ac digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap mesin kembali normal.
Penyebab suara kompresor kasar atau ngorok bisa karena oli kompresor kurang akibat terjadi kebocoran, terjadi keausan pada piston kompresor dan silinder piston kompresor, bearing puli kompresor longgar atau oblag dan terkadang bukan karena oli kompresor kurang tetapi karena jumlah freon kurang.
Hal diatas bisa dilihat jelas terjadi pada ac Avanza,Toyota Limo atau Kijang Innova yang menggunakan kompresor mirip. Ketika freon kurang dan setelah ditambah freon saja “tanpa ditambahkan oli kompresor” bunyi ngorok kompresor tersebut hilang.
* Kompresi kompresor ac lemah atau berkurang
Ciri-ciri kompresor ac lemah adalah pada saat awal hidup ac hembusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Tetapi ketika mesin digas hingga 2000 rpm atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan angin mulai terasa lebih dingin.
Selain telah terjadi keausan pada dinding piston dan silindernya kompresi kompresor berkurang juga bisa disebabkan oleh klep yang ada di atas piston putus.
* Bocor pada kompresor
Ciri-ciri terjadi pada kompresor ac adalah pada bodi kompresor terlihat basah oleh oli dan berdebu dan beberapa bagian pada kompresor yang bisa menjadi tempat terjadinya kebocoran sudah ditulis silakan kunjungi Service Ac Mobil.
* Magnetic clutch ac rusak
Magnetic clutch assy adalah bagian dari kompresor ac, pada kebanyakan magnetic clutch pada kompresor ac rusak adalah karena gulungan spul yang putus atau short, tetapi untuk spul magnetic clutch rusak jika pada spul tersebut terdapat sensor temperatur seperti contoh magnetic clutch ac vios dan toyota limo,kompresor akan kerja lagi setelah suhu kompresor turun. Untuk hal ini silakan kunjungi Ac Kadang Panas Kadang Dingin.
2. Kondensor
Condenser pada Ac mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah freon menjadi cair.
Singkatnya kondensor adalah komponen ac mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk atau wujud gas menjadi bentuk cair atau kondensasi. Refrigerant atau freon dalam wujud gas yang di pompa oleh kompressor ac, masuk lewat inlet (warna merah) dalam kondisi bersuhu dan bertekanan tinggi. Hembusan atau hisapan angin dari fan condensor dan atau cooling fan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan refrigerant dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair. Selanjutnya modulator yang juga terdapat filter drier didalamnya bertugas untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah refrigerant (freon ) cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve. Jika kemampuan condensor untuk mendinginkan atau membuang panas berkurang menyebabkan tekanan pada siklus refrigerant naik dan menjadi penyebab ac mobil tidak dingin serta membebani mesin dan mengurangi kemampuan ac untuk mendinginkan kabin.
Penting untuk menjaga kondensor tetap bersih dari debu atau kotoran dan memastikan cooling fan bekerja dengan baik.

permasalahan kondensor
Masalah yang sering dterjadi pada kondensor ac mobil adalah:
* Kemampuan pendinginan kurang, hal ini biasanya terjadi karena kotoran dan debu jalanan yang menempel atau bekas deburan cat yang kemungkinan bisa saja terjadi.
* Kondensor ac bocor, biasanya terjadi karena masalah usia mobil, sampai mobil berumur lima tahun pun atau kilometer tempuh sampai 500 ribukilometer, belum tentu kondensor akan keropos dan bocor, kondensor bocor biasanya karena accident atau benturan dengan benda keras, ini berdasarkan catatan kerja saya Ya.
* Letak dan Posisi Kondensor, Jika pendinginan kondensor menggunakan satu kipas atau dua kipas tetapi kedua kipas tersebut posisinya berada dibelakang radiator seperti Blazer atau Avanza Xenia, Vios, maka jarak antara kondensor dan radiator tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat, tujuannya adalah agar pendinginan kondensor maksimal
* Kondensor Ac tersumbat, kondensor ac tersumbat biasa terjadi untuk kendaraan yang sudah berumur lama, biasanya sumbatan kondensor ini berasal dari keausan kompresor berupa kerak kehitaman yang bisa juga dilihat dari sighglass pada pipa ac tekanan tinggi.
3. Drier
sering orang menyebut botol / drier yang terkadang orang mengira tabung ini tempatnya freon ( dan ini salah kaprah) filter drier adalah tabung untuk menampung sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator ,dan kenapa disebut filter drier ,dikarenakan part ini didalamnya terdapat dua bagian yaitu filter kasa dan silika gel ( penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu pertama untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system dan juga berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon

permasalahan :
* Receiver tersumbat kotoran, indikasinya dapat diketahui dengan memegang pipa masuk dan keluar receiver. Rasakan suhu yang terdapat pada pipa masuk dan keluar receiver, apakah ada perbedaan suhu atau tidak. Jika ada perbedaan suhu, dapat dipastikan receiver sudah kotor, sehingga receiver(filter dryer) perlu diganti.
* Batu silica receiver terlepas dari tempatnya, sehingga menutup saluran refrigerant dan menghambat aliran refrigerant. Batu silika pada receiver terbungkus dan berfungsi menyaring kotoran. Jika bungkus batu silica tersebut mengalami kebocoran, maka batu silika akan masuk kekomponen-komponen AC lainnya.
4. Ekspansi
mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin ,juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evap sesuai dengan yang dibutuhkan ( hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian ekspansi)

permasalahan :
* Sensor(bulb) terlepas dari dudukannya, sehingga kerja katup ekspansi tidak normal. kemampuan pendinginan AC mobil.
* Lubang penyemprotan katup ekspansi terlalu renggang, sehingga cairan refrigerant yang dikabutkan terlalu banyak dan mengakibatkan tekanan refrigerant pada evaporator terlalu tinggi. Akibatnya kemampuan pendinginan AC mobil menjadi berkurang. Untuk mengatasinya, sebaiknya ganti katup ekspansi.
* Gas pada pipa sensor(capillary bulb) katup ekspansi bocor, sehingga sensor tidak dapat bekerja. Hal ini dapat mengakibatkan refrigerant yang dikabutkan ke evaporator menjadi berkurang, tekanan refrigerant di evaporator menjadi sangat rendah, dan menyebabkan kemampuan pendinginan AC mobil berkurang. Agar kembali normal, sebaiknya ganti katup ekspansi.
* Lubang penyemprotan katup ekspansi yang berfungsi mengkabutkan refrigerant tersumbat, sehingga refrigerant tersumbat, sehingga refrigerant yang berhasil di kabutkan hanya sedikit. Ini akan berpengaruh terhadap kemampuan pendinginan. Selain itu, dapat menimbulkan bunga es (frozen) pada pipa cairan refrigerant sebelum masuk ke evaporator. Untuk mengatasinya, bersihkan katup ekspansi.
5. Evaporator
Evaporator adalah bagian pada Ac mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk ke dalam kabin mobil. Prinsip kerja evaporator adalah menyerap hawa panas untuk mengeluarkan hawa dingin, atau kebalikan dari fungsi condenser. Jumlah panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleg condenser. Jika tidak terjadi keseimbangan itu maka system AC mobil anda akan terasa kurang maksimal. Pada umumnya evaporator dibersihkan dalam jangka waktu 1 tahun atau 20.000 km dan disertai dengan penggantian Filter Dryer.

Permasalahan :
* Filter udara pada evaporator tersumbat oleh debu dan kotoran sehingga udara yang melewati evaporator tidak dapat bersikulasi dengan baik. Anda perlu membersihkan filter udara agar sirkulasi udara menjadi lancar.
* Sirip-sirip pipa evaporator terhalang oleh debu dan kotoran, sehingga proses penyerapan panas terganggu dan mengakibatkan udara panas yang melewatinya tidak dapat diserap dengan baik. Bersihkan sirip-sirip pipa evaporator menggunakan angin dari kompresor .
* Terjadinya kebocoran pada pipa evaporator . Hal ini disebabkan kotoran yang menumpuk pada permukaannya, sehingga menyebabkan karat dan menimbulkan kebocoran. Untuk mengatasinya, lakukan penambalan pada bagian yang bocor. Jika kebocoran sudah terlalu besar sebaiknya evaporator diganti.
Gama Prima AC menerima segala jenis perbaikan pemasangan ac mobil Jepang, Erope, Korea. Penggantian sparepart ASLI
Bagi para kaskusers yang mengalami masalah dengan ac mobil , silakan datang ke
Jalan Kemanggisan Utama Raya no 5B, Kemanggisan, Jakarta Barat ( depan holland bakery kemanggisan )
JALAN RAYA SRENGSENG SAWAH ARAH DEPOK 300 METER SETELAH KFC LENTENG AGUNG ARAH DEPOK JAKSEL SEBELAH PASIR 7 SEAFOOD . ( AVAILABLE DELUVERY SERVIS )
Contact PERSON
Whats App 0818 0647 7676( DELIVERY SERVICE )
BBM ? Ask our
021 981 91 472
Jalan Kemanggisan Utama Raya no 5B, Kemanggisan, Jakarta Barat ( depan holland bakery kemanggisan )
JALAN RAYA SRENGSENG SAWAH ARAH DEPOK 300 METER SETELAH KFC LENTENG AGUNG ARAH DEPOK JAKSEL SEBELAH PASIR 7 SEAFOOD . ( AVAILABLE DELUVERY SERVIS )
Contact PERSON
Whats App 0818 0647 7676( DELIVERY SERVICE )
BBM ? Ask our
021 981 91 472
BERGARANSI s.d 3 tahun , BERKUALITAS, dan TERPERCAYA
Mobil Yang Telah Kami Tangani
Spoiler for costumer:
Spoiler for toyota:




Spoiler for honda:



Spoiler for many more:










Costmer Alat Berat, Bus, dan Pemerintahan Plat Merah



Pemasangan AC 1 unit Alat Berat
