alexa-tracking

Service Specialis macbook

Main Content

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Tips Merawat Macbook
jangan membawa macbook agan baik untuk kegiatan outdor, saat pulang dari kerja maupun kuliah, atau lainya dalam kondisi macbook hanya di sleep aja. mengapa, dalam kondisi sleep, macbook ngga mati tapi dalam kondisi nyala normal & hard drive tetap bekerja atau berputar. nah saat agan membawa macbook agan hanya dalam kondisi sleep bukan di shutdown, hard drive macbook agan akan mengalami kerusakan. di dalam hard drive ada piringan yang fungsinya untuk menyimpan data, baik system OS macbook maupun data milik agan.
Dalam kondisi hard drive yang bekerja & memperoleh guncangan saat macbook kita bawa dalam kondisi sleep, bukan tidak mungkin, piringan hard drive agan tergores oleh pin hard drive. nah ini yang akhirnya membuat hard drive rusak. Lain itu, pin hard drive bisa bengkok karena bersinggungan dengan piringan hard drive yang juga menimbulkan kerusakan hard drive juga. meskipun ini berlangsungnya ngga secara langsung, tapi pelan2. untyuk itu, hindari membawa macbook agan baik untuk kegiatan outdor, pulang kerja atau pulang kuliah hanya dalam kmondisi sleep. Lebih baik matikan macbook seperti biasa baru agan bawa. mode sleep bisa di gunakan kalau macbook ngga di bawa2 hanya stanbay di temapt aja gan.
semoga bermanfaat ya gan

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Artefak atau batik yang muncul pada disply LCD macbook agan & sista saat agan & sista menyalakan macbook. Menandakan kalau macbook agan & sista mengalami overheat pada chipset VGA nya. Hal ini terjadi karena kurangnya perawatan yang agan & sista lakukan dalam merawat macbook agan & sista, sementara macbook agan gunakan setiap hari dan hampir ngga pernah istirahat. Baik itu untuk editing Photo, seting, render Film dan lagu, dan lainya dengan menggunakan sofwere-sofwere berat.


profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...

tidak di anjurkan membawa macbook anda dengan hanya d sleep. baik saat mau pulang kerja, kuliah atau lainya. mengapa, karena dalam kondis sleep macbook anda tetap bekerja terutama hard drivenya. nah hard drive ini khan berupa piringan denga pen jadi saat macbook anda bawa denga kondisi sleep & Piringan hard drive lagi muter. otomatis akan mengakibatkan goresan di piringan hard drive saat macbook terguncang. goresan pada piringan hard drive ini lah yang akhirnya bisa mengakibatkan bed sector pada hard drive anda. lain itu, kalau macbook anda kehabisan batrey saat di sleep & ini berlangsung secara terus menerus. akan mengakibatkan craas pada chipset VGA nya yang bisa mengakibatkan overhead.

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...

kerusakan macbook, bisa juga karena di akibatkan oleh kesalahan kita dalam merawat & menggunakan macbook. Misalnya macbook di paksa kerja berat tanpa pernah di lalukukan pengecekan apakah termal pendinginnya sudah mengering dan harus di ganti, apakah heatsink fannya tidak tersumbat oleh kotoran, fannya juga ngga kotor, apakah ramnya ngga korosi, dan lainya.
Belum lagi karena keisengan kita sendiri, karena ingin macbook kita performannya lebih dari yang saat ini ada, karena kepinging macbooknya seperti punya teman yang tampilannya lebih bagus, karena terpengaruh oleh teman. akhirnya macbook di otak-atik tanpa memperhatikan batas kemampuan macbook kita. akhirnya bukannya tambah bagus tu macbook, malah jadi rusak.

Saat agan & sista nyalain macbook agan & sista. Di display lcd macbook agan pertama nongol logo apple lalu secreen berubah warna putih dan setelah itu secreen berubah warna biru. Nah pas secreen berubah warna biru, macbook hanya stack ngga bisa bhoting hingga masuk desktop.

Kalau agan menemukan kasus seperti ini pada macbook agan. Kerusakan yang di alami oleh macbook agan yaitu, macbook agan mengalami overheat pada chipset VGA nya.

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
saat menyalakan macbook, namun yg agan & sista dapati hanya display dengan warna putih & folder kotak & di dalamnya ada tanda tanya. walau dah di tunggu lama namun tetap ngga ada perubahan. coba dulu bebera langkah berikut. kalau ngga berhasil, bawa ketempat service :
1. hal ini bisa di akibatkan OS macbook agan korup atau rusak.
2. Harddrive ngga ke ditec oleh macbook agan. Mungkin di akibatkan, putusnya kabel hard drive yang terhubung ke logicboard sehingga hard drive ngga keditec.
3. mungkin hard drive agan rusak & harus di ganti baru.
4. Logicboard rusak.
solusi :
1. cek dengan hard drive lain yang sudah di Instal OS macbook.
2. cek kabelnya dengan kabel lain, kalau tetap ngga bisa, coba cek hard drive nya.
3. kalau hard drive rusak, ya ganti dengan yang baru.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
kami memang bukan yang terbaik, namun kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik buat agan & sista yang mempercayakan perbaikan macbooknya di tempat kami
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Macbook sangat lemot saat mau loding OS atau membuka aplikasi di akibatkan oleh :

1. OS yang korup atau rusak.
2. Hardrive yang bed atau Rusak.
3. Ram yang kotor, atau juga rusak.
4. Ada masalah di logic boardnya.

Caranyanya untuk melakukan pengecekan masalah ini yaitu :
1. Coba cek macbook agan dengan menggunakan Hard drive lain yang instalan OS nya sama dengan instalan OS agan. Lihat ada perbedaan nggak, missal, sebelum logo Apple nongol setelah kita menekan tombol Power ( on ). Membutuhkan waktu yang cukup lama, sedang, atau biasa. Setelah logo apple nongol, coba perhatikan jarum jam yang di bawah logo apple ( menandakan sedang proses bhoting OS ) membutuhkan waktu yang lama saat mau bhoting OS atau tidak. Begitu juga saat logo aplle berubah menjadi warna Biru ( tanda mulai mau masuk OS ) lama ngga. Saat muncul Dekstop OS untuk membuka aplikasi, membutuhkan waktu yang lama tidak. Setelah OS nampil semua, coba buka aplikasi, ada crusor yang berputar2 & cukup lama ngga. KL masalah2 yang sy uraikan diatas terjadi, berarti ada masalah dengan OS angan atau juga Hard drive, bisa juga Logic Boardnya.
Tapi jangan panic dulu, lakukan lagkah ke dua yaitu :
2. Cek ramnya, kotor ngga, kalau kotor bersihkan dengan menggunakan penghapus pencil.coba cek lagi. Nyalakan Macbooknya spt biasa, perhatikan langkah demi langkah dengan teliti. Kalau masih bermasalah, coba ganti ramnya dengan type & spec yang sama. Nyalakan & perhatikan lagi langkah demi langkah. Untuk pengecekan ini bisa menggunakan Hard Drive internal punya agan atau juga hard Drive ekternal agan yang sudah di install OS macbook.
3. Bila hal ini masih terjadi, coba Instal ulang OS macbook agan, Prosesnya sama seperti biasa saat agan pertama kali install OS macbook agan. Gunakan hard drive agan dulu.
4. Setelah semua proses selesai, coba tes. Masih sama atau ada perbedaan. Kalau ada perbedaan berarti OS agan yang korup atau rusak, tapi kalau masih sama. Cob install ulang dengan hard Drive lain, setelah semua selesai, coba tes dan perhatikan. Ada perbedaan ngga atau masih sama. Kalau ada perbedaan ( bisa normal ), berarti Hard Drive agan yang bermasalah bisa. Tapi bisa juga ada masalah di Logic.
Solusi yang harus dilakukan bila :

1. Coba Instal ulang OS agan dengan Hard Drive bawaan macbooknya.
2. Coba install ulang dengan menggunakan Hard Drive lain.
3. Coba cek Ram, bila ram rusak ganti.
4. Kl ganti hard Drive lain ngga masalah, ganti har drive agan Dan install Ulang OSnya.

Oke gan, selamat mencoba semoga bermanfaat
Wasalam

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
berbekal pengalaman dalam memperbaiki kerusakan macbook agan & sista kami berusaha untuk bisa di jadikan solusi terbaik buat agan & sista yang membutuhkan jasa perbaikan macbook agan & sista yang rusak & membutuhkan perbaikan secepatnya.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
untuk pengecekan kerusakan & perbaikan, maksimal 3 hari. namun itu di luar pengantian part yang harus indent pemesannya
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
macbook agan & sista rusak, sementara agan & sista hanya punya waktu untuk membawa macbooknya untuk perbaikan saat sedang libur kerja atau sepulang dari kerja. jangan bingung gan, sis, hari minggu & libur kami tetap buka seperti biasa
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
kerusakan hardise macbook agan, juga bisa mengakibatkan macbook agan mati total. ini saya alami saat memperbaiki macbook milik custamer yang mati total.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
“ Tukang service yang baik bukan hanya mencari keuntungan saja, melainkan care mau berbagi tips & selalu menjalin hubungan serta jaringan yang solid kepada customer. Baik sebelum maupun sesudah service”. 

Motto Kami :
“Kepuasan customer merupakan tujuan kami”

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Saat agan & sista nylain macbook agan & sista, proses bhoting OS sangat lambat, begitu juga setelah macbook bisa bhoting hingga masuk OS/masuk desktop. Saat agan membuka aplikasi di macbook agan berjalannya sangat lambat dan muncul linggkaran pelangi yang muter2, selain itu macbook terasa panas. kalau agan & sista menemukan kasus seperti ini pada macbook agan & sista, penyebab dari masalah ini yaitu :

1. Sirkulasi udara baik dari luar maupun dalam macbook agan ngga lancar, hal ini karena di akibatkan oleh Heatsink fan yang fungsinya untuk sirkulasi udara kesumbat oleh kotoran berupa debu yang mengendap   dan menyumbat heatsink fan macbook agan. Belum lagi fan yang kotor akibat debu yang mengendap sehingga perputaran fan ngga maksimal untuk mendinginkan chipset VGA & Prosessor macbook agan yang akhirnya mengakibatkan panas di macbook agan.

2. Panas yang berlebihan karena sirkulasi udara ngga lancar, kinerja fan yang ngga maksimal untuk membantu mendingikan Chipset VGA & prosessor akibat fan kotor, termal paste/pasta pendingin VGA & prosessor yang mengering sehingga ngga maksimal juga mendinginkan chipset VGA & Prosessor yang akhinya mengakibatkan panas pada macbook agan.

3. Os macbook yang bermasalah bisa karena OS nya curup atau mang sudah saatnya harus di Instal ulang, atau juga karena hard drive macbook agan & sista mengalami bed sector atau mulai mau rusak.

4. Macbook mulai bermasalah di logicboardnya.

Catatan :

Kalau agan & sista menemukan masalah seperti ini pada macbook agan & sista, secepatnya lakukan penegcekan kerusakan agar kerusakannya ngga semakin parah yang akhirnya mengakibatkan agan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk biaya perbaikan & juga pengantian part macbook agan

Oke gan semoga bermanfaat ya gan

wasalam 

Hendra

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
conector power card macbook agan bermasalah, mengakibatkan macbook agan kehilangan daya listrik yang akhirnya mengakibatkan macbook agan mati total alias ngga bisa di gunakan. solusi yang harus agan lakukan yaitu bisa menganti powercardnya ( untuk macbook yang power cardnya terpisah dengan logic ), di service powercardnya atau malah mengharuskan agan menganti logicboard macbook agan karena power card macbook agan menyatu dengan logicboard macbook agan.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Penyebab macbook lemot saat bhoting OS & Membuka aplikasi

Macbook sangat lemot saat mau loding OS atau membuka aplikasi di akibatkan oleh :
 
1.        OS yang korup atau rusak.
2.      Hardrive yang bed atau Rusak.
3.      Ram yang kotor, atau juga rusak.
4.     Ada masalah di logic boardnya.
 
Caranyanya untuk melakukan pengecekan masalah ini  yaitu :
1. Coba cek macbook agan dengan menggunakan Hard drive lain yang instalan OS nya sama dengan instalan OS agan. Lihat ada perbedaan nggak, missal, sebelum logo Apple nongol setelah kita menekan tombol Power ( on ). Membutuhkan waktu yang cukup lama, sedang, atau biasa. Setelah logo apple nongol, coba perhatikan jarum jam yang di bawah logo apple ( menandakan sedang proses bhoting OS ) membutuhkan waktu yang lama saat mau bhoting OS atau tidak. Begitu juga saat logo aplle berubah menjadi warna Biru ( tanda mulai mau masuk OS ) lama ngga. Saat muncul Dekstop OS untuk membuka aplikasi, membutuhkan waktu yang lama tidak. Setelah OS nampil semua, coba buka aplikasi, ada crusor yang berputar2 & cukup lama ngga. KL masalah2 yang sy uraikan diatas terjadi, berarti ada masalah dengan OS angan atau juga Hard drive, bisa juga Logic Boardnya.
Tapi jangan panic dulu, lakukan lagkah ke dua yaitu :
2. Cek ramnya, kotor ngga, kalau kotor bersihkan dengan menggunakan penghapus pencil.coba cek lagi. Nyalakan Macbooknya spt biasa, perhatikan langkah demi langkah dengan teliti. Kalau masih bermasalah, coba ganti ramnya dengan type & spec yang sama. Nyalakan & perhatikan lagi langkah demi langkah. Untuk pengecekan ini bisa menggunakan Hard Drive internal punya agan atau juga hard Drive ekternal agan yang sudah di install OS macbook.
3. Bila hal ini masih terjadi, coba Instal ulang OS macbook agan, Prosesnya sama  seperti biasa saat agan pertama kali install OS macbook agan. Gunakan hard drive agan dulu.
4.     Setelah semua proses selesai, coba tes. Masih sama atau ada perbedaan. Kalau ada perbedaan berarti OS agan yang korup atau rusak, tapi kalau masih sama. Cob install ulang dengan hard Drive lain, setelah semua selesai, coba tes dan perhatikan. Ada perbedaan ngga atau masih sama. Kalau ada perbedaan ( bisa normal ), berarti Hard Drive agan yang bermasalah bisa. Tapi bisa juga ada masalah di Logic.
Solusi yang harus dilakukan bila :

1.     Coba Instal ulang OS agan dengan Hard Drive bawaan              macbooknya.
2.      Coba install ulang dengan menggunakan Hard Drive lain.
3.    Coba cek Ram, bila ram rusak ganti.
4.   Kl ganti hard Drive lain ngga masalah, ganti har drive agan Dan install Ulang OSnya.
 
Oke gan, selamat mencoba semoga bermanfaat
Wasalam


profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...

kerusakan hard drive macbook agan, bisa mengakibatkan macbook agan saat di nyalakan hanya blank putih dan tanpa indicator apapun yang muncul pada display LCD macbook agan. atau juga saat macbook di nyalakan hanya muncul folder tanda tanya, bahkan ada yang bisa mati total karena kerusakan hard drive.

Untuk itu, guna memastikan kerusakan seperti ini, coba ganti hard drive macbook agan dengan hard drive lain yang masih sehat/bagus & sudah ada instalan OS nya. lihat bagaimana hasilnya, namun sebelum memutuskan agan untuk menganti hard drive macbook agan dengan yang baru. Ada baiknya agan coba instal ulang OS macbook agan. kalau mang hard drive udah ngga bisa di instal, barulah agan ganti hard drive macbook agan.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...
Jangan membawa macbook agan baik saat pulang kerja, kuliah, atau kegiatan lainya dalam keadaan sleep. Karena, dalam kondisi sleep, harddise macbook tetap bekerja atau berputar. nah harddise ini khan berupa piringan denga pen jadi saat macbook anda bawa denga kondisi sleep & Piringan hard drive lagi mutar. otomatis akan mengakibatkan goresan di piringan hard drive saat macbook terguncang. goresan pada piringan hard drive ini lah yang akhirnya bisa mengakibatkan bed sector pada harddise anda. lain itu, kalau macbook anda kehabisan batrey saat di sleep & ini berlangsung secara terus menerus. akan mengakibatkan craas pada chipset VGA nya yang bisa mengakibatkan overhead VGA Macbook agan.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...

lakukan perawatan secara berkala untuk perangkat macbook agan & sis biar awet
& tahan lama. & ingat jangat menggunakan macbook agan & sis :

1. Diatas kasur & bantal
2. Di atas karpet tebal/bludru
3. di atas sofa.

Mengapa :

Karena bila agan & sis menggunakan macbook agan & sis di atas tempat yang saya sebutkan di atas, akan mengalami overhead. Hal ini karena panas yang di hasilkan oleh macbook agan yang sedang di oprasikan tidak bisa keluar karena kisi2 tempat keluarnya sirkulasi udara tertutup. sehingga panas tidak bias keluar & ahanya mengedap di dalam yang pada akhirnya sensor panas yang terpasang akan menditec panas yang berlebihan & bila panas sudah melebih di atas 80 s/d 90. secara otomatis sensor panas akan mematikan macbook agan & sis secara mendadak. bila hal ini di biarkan secara terus menerus akan mengakibatkan beberapa masalah yaitu :

1. kemungkinan  kerusakan hard drive akan terjadi karena macbook mati secara
mendadak yang mengakibatkan jarum di dalam hardirive bis bengkok atau malah
patah karena di paksa berhenti mendadak saat sedang bekerja.
2. OS akan mengalami kerusakan yang akhirnya tidak bisa bhoting.
3. Macbook menjadi Panas & kinerjanya menjadi lemot yang lama kelamaan OS &
hard drive mengalami kerusakan.
4. Macbook akan mengalami overhead ( mesin nyala namun tidak ada tampilan/blank hitam )

Oke makasih Semoga bermanfaat

profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...

saat macbook anda nyalakan, namun yang muncul hanya layar putih tanpa ada gambar atau logo apple sama sekali. Untuk kasus kerusakan seperti ini biasanya di akibatkan oleh :
1. Hard dise macbook agan rusak. Solusinya ganti hard drive macbook agan biar macbook bisa normal kembali.
2. LCD macbook agan rusak gan. Layar putih ini, adalah cahaya lampu neon yang ada di dalam macbook yang berfungsi untuk menerangi macbook saat di nyalakan. solusinya, agan harus ganti LCD macbook agan.
3. Ada masalah di logicboard macbook agan, terutama di IC yang menghubungkan kabel fleksibelt antara logicboard dengan LCD.

Oke gan semoga manfaat ya.
profile picture
Loading...
fafaservice
Loading...



 
Macbook Ngga bisa bhoting OS setelah update OS dan sofwere

Kalau agan menemukan kasus seperti ini, jangan bingung gan. Macbook agan Ngga bisa bhoting OS setelah updete sofwere via internet. Hal ini di karenakan saat proses update, koneksi internet terputus sehingga proses Updete terganggu.
Solusi yang harus agan lakukan yaitu, Instal ulang OS macbook agan. Namun jangan lupa data yang ada di hard drive agan selametin terlebih dahulu. caranya, ambil hard drive agan yang ada di dalam macbook agan. Lalu ganti hard drive macbook agan dengan hard drive lain yang sudah di intasl OS macbook. Masukan Hard drive yang OS nya rusak kedalam cesing hard drive external Lalu coneksikan hard drive external tersebut ke macbook agan yang sudah di nyalakan. Barulah cari data agan yang ada di hard drive agan yg OS nya rusak.
Kalau dah kelar baru di install ulang.
Met mencoba semoga bermanfaat.

×