alexa-tracking

Bibit/benih 1000 biji sorgum atau bibit shorgum cantel

Main Content

Bibit/benih 1000 biji sorgum atau bibit shorgum cantel
Rp 30.000
Lokasi : Jawa Tengah
Kondisi : Baru
Posted on : 18-08-2020 21:27
Terjual : 0 barang telah terjual
Dilihat : 639 kali
Berat : 150 gram
Last Sundul : 10 February 2021, 12:36:37 PM

Penjelasan Produk

Untuk mengatasi masalah benih yang tidak tumbuh karena di makan semut, kami juga menyediakan obat agar benih tersebut tidak di makan semut, bisa cek di toko kami Terimakasih. {Obat semut buat benih tanaman}

Sorgum merupakan tanaman rumput-rumputan yang masih menyebutnya dengan sebutan “cantel“. Bentuk tanaman ini, menyerupai tanaman jagung tetapi bijinya berbentuk bulat kecil.

1. Pengertian

Sorgum adalah tanaman rumput-rumputan yang masih berkerabat dekat dengan padi dan jagung.

Berkaitan dengan upaya diversifikasi pangan yang dicanangkan pemerintah Indonesia, tanaman ini menjadi serealia potensial yang dapat digunakan untuk substitusi beras dengan kandungan gizi yang tinggi.

Pengertian sorgum menurut Suprapto dan Mudjisihono (1987) merupakan tanaman yang termasuk dalam famili Graminae bersama dengan padi, tebu, jagung, gandum, dan lain-lain. Definisi sorgum merupakan sebutan tanaman serealia yang berasal dari Afrika.

Tanaman ini dapat tumbuh walaupun pada keadaan tanah yang kurang subur dan pengairan terbatas. tanaman ini tumbuh pada ketinggian 0-800 mdpl. Suhu optimum tumbuh berkisar 23-30 derajat celcius dengan kelembapan 20-40%, rata-rata curah hujan 372-425 mm/th, dan memiliki pH 5-7.5.

Serealia ini masih termasuk ke dalam keluarga rumput yang dapat tumbuh di dataran yang beriklim tropis maupun subtropis di berbagai negara.

Meskipun tanaman sereralia ini memiliki beberapa jenis, namun hanya ada 1 jenis yang dapat dikonsumsi oleh manusia, sedangkan jenis sorgum lainnya hanya digunakan sebagai pakan ternak.

Jenis yang bisa dikonsumsi manusia adalah Sorghum bicolor yang berasal dari Afrika dan sudah menyebar ke seluruh dunia.

Saat ini, sorgum sering digunakan untuk diolah menjadi molase, sirup, hingga minuman beralkohol.

2. Taksonomi

Sorgum memiliki tempat taksonomi pada tingkatan genus dan memiliki hampir 30 spesies.

Sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) termasuk tanaman jenis serealia yang berasal dari Afrika.

Kedudukan tanaman sorgum dalam taksonomi tumbuhan adalah:

KingdomPlantaeDivisiSpermatophytaSub DivisiAngiospermaeKelasMonocotyledonaeOrdoPoalesFamiliPoaceaeGenusSorghumSpesiesS. bicolor L. Moenc