alexa-tracking

Fiscal De Luxe A 1941 Three Speed Sepeda Onthel Made in England

Main Content

Fiscal De Luxe A 1941 Three Speed Sepeda Onthel Made in England
Rp 2.300.000
GRATIS Ongkir
Lokasi : Jawa Barat (Bisa COD)
Kondisi : Bekas
Posted on : 01-12-2020 09:43
Terjual : 0 barang telah terjual
Dilihat : 251 kali
Berat : 10000 gram
Last Sundul : 23 March 2021, 08:45:34 PM

Penjelasan Produk

Fiscal De Luxe A
1941
Made in England
Three Speed (persneling)


Sepeda ini termasuk unit langka yang sangat jarang dimiliki. Keadaannya sangat baik, full orisinil, tidak pernah direstorasi.

Saya adalah tangan ke-3. Lokasi saat ini di Bekasi, sebelumnya di D.I. Yogyakarta.

Spare part pada sepeda ini hampir seluruhnya orisinil & dalam kondisi baik.

Harga yang ditawarkan sudah termasuk bonus aksesoris (lampu + mesin/dinamo bermerk & ori, sadel kulit asli, bel, seperti yang ditampilkan dalam display foto.

Overall sangat nyaman untuk dikendarai.

Perhatian!
Sepeda akan dimaintenance sebelum berpindah tangan dan.. GRATIS ONGKIR (jika tidak menawar).

Yukk, silahkan hubungi saya untuk negosiasi dan segera rasakan sensasi mengendarai sepeda tua ini~
085213534313




NB:

Dahulu sepeda ikut menentukan “derajat” kehidupan seseorang. Buktinya, sepeda bermerek papan atas, seperti Gazelle, Simplex, Fongers, BSA, Humber, Rudge, Raleigh, Fiscal dan lainnya disimbolkan sebagai kendaraan kaum priyayi dan tuan tanah. Merek sepeda itu pun identik dengan status kekuasaan dan dikenal dekat dengan bangsa penjajah.

Munculnya sepeda onthel merek Fiscal di Hindia Belanda diduga pada dekade antara 1908 atau 1910. Keberadaan sepeda onthel Fiscal buatan Inggris (Made in England) ini tak lepas dari perusahaan asal Belanda bernama HIMA (Handels Industrie Maatschappij van Maurits Adler). Sepeda Fiscal ini dibuat oleh anak perusahaan Hima bernama The Colonial Cycle Company (Colonial Coventry Co) yang ada di Coventry, Inggris.

Menurut sebuah iklan (advertentie) sepeda Fiscal di koran Algemeen Handelsblad edisi 13 Maret 1910, sepeda Fiscal merupakan sepeda yang menggabungkan kualitas kelas satu dengan harga kompetitif. Sepeda yang memiliki perbaikan teknologi terbaru dan paling efektif. Sepeda dibangun dipabrik yang ada di Amsterdam dan Coventry ini berdasar kajian studi bertahun-tahun.

Ada beberapa model sepeda Fiscal yang ditawarkan, seperti model Fiscal Emperial yang dilengkapi dengan pelumas rantai (oil bath), model Fiscal De Luxe dengan oil bath katengkas. Kemudian ada model Fiscal model A yang dilengkapi dengan katengkas dari logam, dan Fiscal model B dengan katengkas dari kulit imitasi. Harga yang ditawarkan berkisar f 100 gulden hingga f 75 gulden.

Sama seperti sepeda onthel buatan Inggris yang lain, sepeda ini juga menggunakan velg jari-jari 32 (depan) & 40 (belakang).