comsc-2

PENDAFTARAN MEREK DAGANG BARU

Main Content

PENDAFTARAN MEREK DAGANG BARU
Rp 3.500.000
Lokasi : Banten (Bisa COD)
Kondisi : Baru
Posted on : 11-05-2022 14:27
Terjual : 0 barang telah terjual
Dilihat : 11 kali
Last Sundul : 10 November 2022, 09:40:48 AM

Penjelasan Produk

PENDAFTARAN MEREK DAGANG BARU

Dalam praktiknya, masih banyak lho pelaku usaha yang seringkali mengajukan pendaftaran merek dan ternyata ditolak. Kenapa alasannya ? salah satu alasan terbesar adalah ternyata banyak dari kita yang belum mengerti kategori atau kelas merek dalam pendaftaran merek.

Apa sih yang dimaksud dengan kelas merek?

Kelas merek adalah, sistem klasifikasi jenis produk barang atau jasa yang akan didaftarkan. Dalam kelas-kelas itu terdapat detail atau deskripsi barang dan atau jasa. Untuk memudahkan pengkategoriannya, di dalam formulir permohonan pengajuan merek terdapat pilihan kelas merek yang harus dilengkapi oleh pemohon.

Kenapa kelas merek penting?

Yang pertama, kelas merek penting karena merek dilindungi sesuai kelas dan sub kelas yang akan didaftarkan. Jika tidak tepat memasukkan kelas bisa jadi usahamu tidak mendapat perlindungan.

Yang kedua, kalian juga bisa mendatftarkan merek usaha lebih dari 1 kelas untuk menghemat biaya pendaftaran asal hal tersebut relevan. Aturan tersebut dapat kita lihat pada Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis yang menyatakan bahwa, “pada prinsipnya Permohonan dapat diajukan untuk lebih dari 1 kelas barang dan/ atau jasa sesuai dengan ketentuan Trademark Law Treaty yang telah diratifikasi dengan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 1997.”

Itulah salah satu pentingnya memahami kelas merek dalam pengajuan merek. Pahami terlebih dahulu “ada di kelas merek mana sih usahamu atau ada di kelas mana usahamu harus didaftarkan”.

Kelas 1-34 berisi kategori untuk barang (pakaian, makanan, perkakas), sedangkan nomor Kelas 35-45 adalah kategori untuk jasa (periklanan, akomodasi). Untuk mengetahui rinciannya dan mempelajari sebelum pendaftaran, kalian dapat membuka halaman sistem klasifikasi merek dengan alamat http://skm.dgip.go.id/.

More Info
CV. Kevin Jasperindo
Ruko Melia Walk MDA-39, Jl. Boulevard Graha Raya, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan
Rio 08111599899 (WA)
www.jasperindo.com

#daftarmerekonline
#daftarmerekminuman
#aftarmerekmobil
#daftarmerekdagang
#daftarmerekdihaki
#daftarmerekdjki
#daftarmerekdgip
#daftarmerekdagangumkm
#daftarmerekhki
#daftarmerekindonesia
#daftarmerekkemana
#daftarhakpatendiindonesia
#daftarnamamerekdagangdiindonesia
#daftarnamamerek
#daftarmerekukm
#daftarhakpatenproduk
#daftarlogoperusahaandiindonesia
×