profile picture
Loading...
EckoShop
Loading...

Thumbs up Ecko Shop sudah terverified di toko bagus lho........

http://peluang-usaha.tokobagus.com/g...-13452991.html

5 Tips Aman Bertransaksi Online


Awalnya, transaksi melalui dunia maya, kurang dipercaya oleh para pengguna di Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya teknologi keamanan transaksi di dunia maya, pengguna di Indonesia mulai mau memilih menggunakan transaksi dengan cara ini. Meskipun begitu, masih banyak penipuan yang terjadi. Bagaimana cara melindungi diri kita dari penipuan yang mungkin terjadi pada media online ini? Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Tentukan Cara Pembayaran
Cari tahu mengenai sistem pembayaran yang digunakan oleh si merchant, apakah menggunakan paypai, kartu kredit, atau pun transfer. paypai merupakan alat pembayaran pada media online yang sering digunakan. paypai akan membantu Anda yang tidak suka memberikan informasi kepada merchant. Dengan pembayaran menggunakan paypai, maka merchant tidak akan mengecek data personal Anda, mereka hanya menerima uang dari paypai saja.

Jika bertransaksi menggunakan kartu kredit atau transfer secara langsung, berhati-hatilah. Pastikan proses transaksi berjalan dengan benar. Apabila proses tersebut sudah difinalisasi dan terjadi masalah, biasanya pihak merchant akan sulit untuk mengembalikan uang Anda.



2. Jangan Tanggapi Email yang Tidak Dikenal
Jangan buka e-mail yang mencurigakan! Salah satu contoh e-mail yang mencurigakan seperti meminta Anda mengupdate informasi akun Anda. Jika Anda menerima e-mail seperti ini, jangan lakukan apa yang diperintah. Pihak bank tidak akan pernah meminta data sensitif Anda melalui e-mail. Sebaiknya Anda cek ulang alamat e-mail pengirim atau telepon langsung kepada customer service instansi yang bersangkutan.



3. Periksa Keamanan Alamat Website
Ketika Anda sampai pada tahap pembayaran dan personal information, website tersebut harus dalam keadaan aman. Salah satu cirinya yaitu alamat website tersebut akan mencantumkan huruf "s" setelah "http:" sehingga menjadi "https:". Huruf "S" di belakang "http" tersebut berarti Secure. Biasanya pihak yang menggunakan https telah memberikan perlindungan ekstra di website mereka.



4. Jangan Membayar di Luar Sistem yang Seharusnya
Jika tiba-tiba merchant tersebut mengabaikan sistem pembayaran mereka yang seharusnya dan menginginkan sistem pembayaran lain, misalnya pembayaran pada rekening mereka yang lain, maka Anda perlu mewaspadainya. Jangan lakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan sistem mereka yang seharusnya.



5. Perhatikan Reputasi Penjual
Jika ingin berbelanja melalui forum, perhatikan reputasi penjual! Setidaknya si penjual tersebut harus sudah menjual setidaknya 10 item dan mendapatkan testimoni yang baik dari pihak pembeli yang lain. Jika si pihak penjual belum mencapai kriteria tersebut, telitilah terlebih dahulu merchant tersebut. Jika Anda masih ragu-ragu, sebaiknya batalkan niat Anda untuk membeli produk yang diinginkan melalui penjual tersebut. emoticon-No Sara PleaseAssesoris mutiara asli budidaya air tawar khas Lombok (untuk agen or reseller)