profile picture
Loading...
nickwildz
Loading...
MAKRO EKONOMI :

BI: Kondisi Ekonomi Indonesia Jauh Lebih Sehat

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, kendati terdapat risiko dari eksternal, kondisi perekonomian Indonesia saat ini jauh lebih sehat yang terlihat dari inflasi yang terkendali dan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) diperkirakan berada di kisaran 2,5%.

Meski sejumlah lembaga multilateral internasional merevisi target pertumbuhan ekonomi Indonesia, Agus menyatakan, BI tetap yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2015 masih akan berada di kisaran 5,0- 5,4% dengan kecenderungan berada di atas bawah perkiraan tersebut.

“Pertumbuhan ekonomi baru akan membaik pada semester kedua tahun ini. Kuartal II belum akan menggembirakan, kurang lebih akan sama dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal I (4,7%). Semester II, kami perkirakan bisa lebih tinggi,” terang dia.

Di sisi lain, dia menuturkan dampak kondisi perekonomian Yunani terhadap Indonesia tidak terlalu besar. Namun, menurut dia, kekhawatiran terbesar saat ini justru datang dari Tiongkok yang saat ini sedang mengalami koreksi pada pasar saham.

“Kita harus antisipasi kondisi Tiongkok karena mereka saat ini menjadi pusat dari pertumbuhan ekonomi dunia dan berdampak cukup besar ke kita. Kalau pertumbuhan ekonomi di Tiongkok tergerus 1%, maka dampaknya koreksi ke pertumbuhan ekonomi kita 0,4-0,6%,” ungkap dia. (Investor)
--------------------