alexa-tracking

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

Main Content

JASA Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki
Kondisi Barang : Baru
Harga : Rp 1.234.567
Location : DKI Jakarta
TENTANG JAKK Inc.
JAKK Inc, begitulah sebutan yg biasa disematkan untuk komunitas kami yg memiliki kepanjangan nama, Jeritan Anda Kepuasan Kami Incorporated. Jangan memandang JAKK Inc sebelah mata, JAKK Inc adalah sebuah komunitas yg dikenal sebagai komunitas pecinta horor, komunitas Rumah Hantu, dll, tergantung pandangan dari kalian sendiri. Komunitas kami ini didirikan pada tahun 2010 dengan Aruga, Ismud, Boim dan Zoya sebagai foundernya. Pada saat itu juga lah, pertama kalinya JAKK Inc bekerja untuk membangun Rumah Hantu. Memulai dari nol (0), kami menjalani usaha kami setapak demi setapak hingga bisa seperti sekarang ini. JAKK Inc, adalah tempat berkumpul bagi orang-orang yg memandang berbagai kisah horor dari sudut pandang yg berbeda dan ingin mengaplikasikan imajinasi serta kreatifitasnya ke dalam bentuk Obake Yashiki dan hal-hal horor lainnya. Thread ini bukanlah sekedar tempat promosi, tetapi merupakan wadah bagi saya untuk memberitahukan kepada kalian semua, kalau JAKK Inc itu ada! JAKK Inc ada, untuk membuat hal-hal menyeramkan menjadi menyenangkan.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki
We'll Handle You With Scare


MISI JAKK Inc.
Menebar jerit ketakutan di seluruh penjuru nusantara.
JAKK Inc bisa disebut juga sebagai Tim Kreatif yg bergerak di dalam bidang pembuatan atau dekorasi Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki. Kami memang biasa mengisi acara dengan membangun Rumah Hantu di acara-acara jejepangan, namun kami juga biasa diminta untuk membangunRumah Hantu di acara-acara umum. Berikut ini adalah beberapa acara yg pernah menyewa jasa JAKK Inc:

2010
Japan Fair Universitas Darma Persada

2011
Festival Budaya Universitas Darma Persada
Sen Yuurei no Matsuri Universitas Bina Nusantara
Nihon Club SMA N 71 Jakarta Timur
Urban Festival Pantai Carnival Ancol
JakCloth Parkir Timur Senayan


2012
Japan Fair Universitas Darma Persada
Jakarta Game Show (Indocomtech) JCC Senayan
Toilet Hantu Sekolah Tinggi PPM Manajemen
Urban Festival Pantai Carnival Ancol


2013
Japan Fair Universitas Darma Persada
Indonesia Digital Playfest Mall Bale Kota Tanggerang
TriJ-Vity Universitas Trilogi
Earth Hour Indonesia Taman Proklamasi
English Department Fair STBA LIA
Indonesia Game Festival JCC Senayan
Nanotenri SMA Labschool Cibubur
Hidden Park Taman Honda Tebet
Jakarta Community Carnival (Ghost Parade) Plaza Tenggara GBK Senayan
Battle of Universe (Cosplay Flashmob) Kuningan City
Sarinah Never Sleeps Parkir Sarinah Thamrin
Allantide (House of Regret) SMA Don Bosco 1


2014
Japan Fair Universitas Darma Persada
TriJ-Vity Universitas Trilogi
Inori Bunkasai SMK 1 Bekasi
Jakuen Bunkasai SMA N 2 Bekasi
Dll.



Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yg selama ini sudah membantu kami, seperti:

Tuhan Yang Maha Esa
Universitas Darma Persada
Nihon Club SMA 71
Buronan Mertua Band
Komunitas I Light This
Komunitas Indonesian Zombie Club "Izoc"
Rumah Pocong
Thrill Indo
Dan berbagai pihak lainnya yg blm disebutkan.



Bagi Kaskuser sekalian yg ingin mengetahui lebih banyak soal JAKK Inc, bisa melihatnya di:

BLOG : JAKK,Inc (Komunitas Rumah Hantu)
TWITTER : @JAKK_Inc
FACEBOOK : JAKK. Inc (Komunitas Rumah Hantu)


Bagi Kaskuser sekalian yg tertarik atau ingin meminta bantuan kami, bisa:

Follow dan PM ke Twitter : @JAKK_Crew
SMS (ONLY) ke : 082276141779 (Saudara Yuurei)

Terima kasih banyak saya ucapkan sebelumnya, jangan lupa Rate Thread, Vote, dan Komen Yg Bermanfaat.


RULES DI THREAD INI
- NO JUNK (1 Liner, 3 Words, dll), NO SPAM (Pict. and Words), NO SARA, NO PORN, NO PI, NO FLAMMING..
- NO LONGCAT, DP, dll..
- NO Double Post, Triple Post, dst..
- NO Posting secara berlebihan..
- Bagi siapa yang melanggar akan terkena sanksi sebagai berikut : BATA, Autobanned [Request to Moderator]
profile picture
Loading...

JAKK Inc Story 1

#Cerita_Seram_Mahasiswa I

Gimana kondisi kampus kalian? Ada spot-spot mistisnya ga? Klo di kampus gw sih banyak. Terutama di Fakultas Ekonomi-nya. Mau gw ceritain ga? Jadi begini ceritanya, kalian boleh percaya boleh engga. Gw ga ada maksud menakut-nakuti atau membohongi kalian. Gw cuma mau share cerita-cerita aneh berdasarkan pengalaman pribadi yg gw alamin sendiri ataupun bersama dengan teman-teman gw. Kejadian-kejadian ini gw alamin sendiri, tapi gw sendiri ga bisa memastikan apakah ini nyata atau hanya ilusi gw. Bagi kalian yg merasa terusik, lebih baik jauhi post ini. Namun bagi kalian yg penasaran, silahkan duduk manis dan baca baik-baik post gw ini.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_I
Kisah ini dialami oleh gw dan temen-temen gw, sebut saja si A, B, C dan D di kampus gw. Suatu ketika, gw dan keempat temen gw itu lagi main poker di Pendopo Ekonomi. Pendopo Ekonomi ini adalah tempat yg sepi. Padahal disini sejuk, tapi sejak kami berkuliah disana, hanya kami berlima saja yg suka main disini. Di pos satpam yg ada di depan pendopo juga ga pernah dijaga satpam, paling hanya sesekali aja patroli, tapi jarang ada satpam yg berjaga disana untuk waktu yg lama. Waktu itu sudah sore hari, sekitar jam 4 kalau ga salah, dan setelah lama kita bermain, kita ngeliat ada senior dari Fakultas Ekonomi yg mungkin 2 atau 3 angkatan diatas kita lagi ngeliatin kita main. Dan tentu saja kita ngerasa terganggu diliatin kaya gitu. Dan kita sempat menghentikan permainan kita sementara. Senior tersebut, sebut saja Sukro, mau pulang dan hendak mengambil motor. Tapi begitu melihat kita, dia berhenti sejenak dan memperhatikan dengan wajah curiga. Dia akhirnya berjalan mengambil motornya, tapi bukannya langsung pulang, dia malah sempat menghentikan motornya di dekat kami dan kembali melihat dengan wajah curiga. Dan akhirnya dia pergi. Begitu dia pergi, kami semua akhirnya berbicara dan bertanya-tanya kenapa si Sukro melihat curiga kepada kita. Tapi ga ada 1 menit dia pergi, dia sudah ada lagi di depan kami dengan motornya. Seolah-olah dia hanya memutari Fakultas dan kembali memperhatikan kami. Apa maksudnya semua ini?

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_II
Akhirnya kami tidak mendapatkan penjelasan yg masuk akal soal sikap yg dipelihatkan oleh Sukro tersebut. Beberapa hari kemudian rencananya mau diadain event bernama Liga Sastra dan kita berlima jadi panitia dalam acara tersebut. Acara yg bertajuk Games dan Olahraga. Gw, A, B dan C kerja buat nyiapin arena basket yg bakal dipakai buat acara nanti. Seperti bikin papan ring, nge-cat lapangan, dan memasang ring. Pada suatu hari ketika kita lagi mempersiapkan acara itu, waktu itu hari selasa malam, gw mimpi aneh. Di dalam mimpi gw, kita berempat lagi di kampus dan lagi mempersiapkan papan basket itu. Ada yg nge-cat, ada yg masang papan dengan naik tangga, dll. Waktu itu sudah sore hari. Dan ga tau kenapa gw ngeliat ke langit. Disana gw liat pemandangan yg ngebuat gw terpaku diam. Mata gw melirik ke jendela lantai 4 salah satu fakultas di kampus gw, dan gw melihat seorang wanita. Wanita itu berambut panjang dan mengenakan pakaian yg terlihat seperti kaos panjang berwarna coklat lusuh seperti baju batik. Dan dia berdiri tepat diluar jendela. Dia MELAYANG.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_III
Daripada Miss. Kunti, dia lebih terlihat seperti seorang mahasiswi bagi gw. Tapi tentu saja Horor karena dia melayang dan gw ga bisa ngeliat mukanya. Besoknya, hari rabu. Ketika kita semua lagi kumpul dan mempersiapkan Liga Sastra, gw cerita itu ke B. B cuma bilang kalau gw ini mimpinya ada-ada aja. Tapi disebelah gw ada A, dan dia ga komentar apa-apa. Tapi cuma diem. Dan akhirnya, cerita itu sempet terlupakan untuk beberapa saat...

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_IV
Pada hari minggu-nya, A ulang tahun. Dan kami bermaksud memberikan kejutan kepadanya. Karena kami masih harus mengerjakan tugas kami untuk membuat arena basket, kami berencana sampai malam di kampus. A yg harus melatih karate di SMP-nya hanya bisa datang saat sore hari. Jadi ada kesempatan buat kami mempersiapkan kejutan buatnya. Setelah bekerja, gw dan B tidur di dalam ruang himpunan yg terletak di Pendopo Sastra. Kita tiduran sampai jam tujuh-an malam. Waktu itu saatnya A dateng ke kampus. Dan kita mau berpura-pura sudah pulang dan mengejutkan A yg baru saja dateng ke kampus. Gw dan B berpura-pura masih ada di dalam himpunan, padahal kita berdua lagi bersembunyi di kantin yg terletak di depan Pendopo Sastra, lampu di kantin dan di dalam himpunan kita matikan supaya dia tidak bisa melihat kita yg paling bikin repot adalah ketika harus mematikan lampu di dalam himpunan. Karena saklar lampunya berada di ujung jauh dari pintu masuk jadi kalau mau matiin lampunya, kita harus kedalam dan ketika mati, kita harus berjalan ke arah pintu dan itu bener-bener gelap. Gw waktu itu yg matiin lampu, dan B nungguin di pintu. Jujur aja gw merinding pas harus matiin lampunya. Begitu lampu mati, gw langsung lari kearah pintu dengan bantuan HP sebagai alat penerangan. Kita bermaksud, saat dia masuk ke dalam himpunan yg gelap dan kita kunciin disana. Jujur aja, gw agak merinding bersembunyi di kantin, karena gelap dan hawanya kurang bersahabat. Tapi gw tetep pura-pura berani. Dan tibalah saat yg ditunggu-tunggu. A dateng dan berdiri di pendopo. Gw sama B ketawa cekikikan ngeliat reaksinya A. Kita berdua sudah berharap banget A masuk. Tapi ternyata kita salah. A malah berbalik pulang.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_V
Gw sama B jelas aja kaget. Gw spontan langsung ngejer A. Dan syujurlah dia blm pulang, dia hanya menunggu di mushola. Gw sama B langsung nyamperin dia dan nanya kenapa dia ga masuk ke Himpunan. Padahal sudah di sms kalau gw sama B ada di dalam himpunan dan dia hanya terdiam dan bertanya, "Emangnya lo ga tau ceritanya?"

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_VI
Cerita apaan? Tanya gw dan B. A terdiam dan dia hanya mengatakan kalau dia ga akan mau masuk himpunan. Makanya dia ke Mushola. Akhirnya kita ceritain rencana kita dan kita kasih tau kalau tadi kita ngumpet di kantin. A bilang, pantesan tadi dia ngedenger suara-suara aneh dari kantin, tapi dia ga berani kesana. Gw sama B bingung kenapa nih anak jadi sepenakut itu. Gw maksa dia buat cerita, tapi dia tetep ga mau cerita. Dia bilang cerita itu ga boleh diceritain di area kampus. Akhirnya kita mutusin buat pergi ke suatu tempat untuk makan ngerayain ultah A sekalian nungguin C dan D yg lagi pergi beli kue. Akhirnya C dan D dateng, gw sudah ga sabar denger ceritanya A. Awalnya A ga mau cerita, tapi setelah dipaksa, dia mau cerita juga. Begini ceritanya...

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_VII
Waktu itu sudah malem banget. Di lantai 4 Fakultas Ekonomi, ada 4-5 mahasiswa dari Fakultas Teknik yg sedang mabok-mabokan sambil judi kartu. Dan saat itu, ada salah satu mahasiswi Fakultas Sastra yg baru saja mau pulang. Mungkin karena pengaruh nafsu dan minuman keras kabarnya mahasiswi Sastra tersebut diperkosa dan dibunuh oleh mahasiswa-mahasiswa Teknik tersebut. Gw sendiri tidak bisa memastikan kebenaran cerita ini. Tapi kabarnya dulu sempat masuk koran. Itu sih kata A. Gw sendiri ga tau sama sekali soal cerita itu. Konon cerita Itu disembunyikan untuk menjaga reputasi kampus. Dan para mahasiswa angkatan atas yg tahu soal cerita tersebut, dilarang menceritakan kepada siapapun. Terutama di area kampus. Itu sudah menjadi hal yg tabu bagi angkatan atas. A sendiri tahu cerita tersebut dari kakaknya.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_VIII
Cerita itu tidak berhenti sampai disana saja. Kabarnya, beberapa tahun setelah itu, ada beberapa mahasiswa Ekonomi yg sedang berjudi kartu di Pendopo Ekonomi. Sebut saja diantara mereka ada 2 orang yg bernama Alex dan Budi. Entah beruntung atau apa, Budi terus saja menang dalam judi kartu tersebut. Dengan modal Rp. 500,- pada setiap game-nya, Budi mampu meraup uang sebesar Rp. 25.000,- (bayangkan berapa kali dia menang). Alex yg merasa aneh dengan hal tersebut menyarankan untuk menghentikan judi kartu tersebut. Ketika pulang, Alex menyarankan Budi untuk keramas. Tentu saja Budi merasa aneh. Tapi akhirnya dia pulang tanpa bertanya lebih jauh.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_IX
Esoknya, Budi menemui Alex dan bercerita kalau semalam dia mimpi aneh. Budi bilang kalau dia mimpi *maaf* bercinta dengan wanita bernama #YouKnowWho, dan Alex langsung kaget dan bertanya apakah Budi keramas tadi malam. Budi bilang dia keramas, dan dia bertanya kenapa sebenarnya. tapi Alex tidak menjelaskan apa-apa kepada Budi. Teman mereka yg juga bermain kartu bersama mereka kemarin, sebut saja Coki curiga dengan hal tersebut dan bertanya kepada Alex. Lalu Alex menceritakan kepada Coki kalau sebelum ini ada kasus yg sama. Dimana temannya Alex menang terus waktu berjudi kartu bersama Alex dan teman-temannya yg lain. Sama seperti yg dialami Budi, Alex juga menyuruh temannya itu keramas saat dirumah. Tapi temannya itu tidak mengikuti saran dari Alex. Dan besoknya, ada kabar yg mengatakan kalau temannya itu meninggal tanpa sebab yg jelas. Alex cuma bisa menjelaskan, kalau si Budi dan temannya yg sudah meninggal tersebut ditempeli oleh #YouKnowWho makanya bisa menang terus.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_X
Begitulah ceritanya. Kabarnya, #YouKnowWho adalah nama wanita yg diperkosa dan dibunuh beberapa tahun silam di Fakultas Ekonomi dan hingga kini, namanya tidak boleh disebutkan. Setelah mendengar cerita tersebut, kami berempat jadi tersadar kenapa selama ini Pendopo Ekonomi selalu kosong bahkan satpam pun tidak berani berlama-lama berjaga disana. Dan kami mendapat dugaan kenapa Sukro begitu curiga melihat kami yg sedang bermain kartu disana. Mungkin dia ingin memastikan apakah kami berjudi atau tidak. Dan karena dia angkatan atas mungkin dia tahu soal cerita tersebut dan bermaksud memperingati kami, tapi karena cerita tersebut sangat tabu di area kampus, dia jadi tidak bisa mengatakannya kepada kami. Dan satu hal lagi, ciri-ciri wanita yg ada di mimpi gw, yg gw lihat sedang melayang diluar jendela lantai empat Fakultas Ekonomi memiliki ciri-ciri yg sama dengan #YouKnowWho.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_XI
Setelah mendengar cerita tersebut, kami berlima terdiam. Tidak ada yg bisa membuktikan secara pasti apakah semua itu hanya bualan atau kenyataan. Tapi yg jelas, cerita soal mimpi gw, dan Sukro yg memandang curiga ke arah gw dan temen-temen gw, dan Pendopo Ekonomi yg selalu sepi sebelum kedatangan gw dan temen-temen gw adalah kisah yg nyata. Dan semua cerita tersebut terhubung jadi satu dan menjadi jelas jika memang kisah soal pemerkosaan dan pembunuhan itu benar.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Part_XII
Setelah sampai rumah, gw langsung cerita ke nyokap dan kk gw. Gw takut, jelas. Gw merinding denger ceritanya. Apalagi gw smp mimpiin #YouKnowWho. Nyokap dan kk gw bilang, hal kaya gitu memang hampir selalu ada di setiap kampus. Percaya atau engga, tapi sebaiknya ga usah ngelawan amanat yg udah ada. Dan gw mutusin buat mandi dan keramas malam itu. Tentu aja gw ga bisa keramas dengan tenang. Setiap gw merem gw langsung kebayang cerita itu dan mimpi gw. Dan entah apakah mitos itu memang benar atau engga. Mungkin karena gw keramas, atau memang ga ngaruh apa-apa. Yg jelas, gw masih hidup sampai saat ini. Begitu pun dengan temen-temen gw yg lain yg juga langsung keramas setelah sampai rumah.

#Kisah_I_Ekonomi_dan_Sastra_Penutup
Kalian boleh percaya boleh engga. Kalian juga boleh berasumsi sendiri. Yg jelas semua kejadian dari cerita diatas, bener-bener gw alamin sendiri tanpa rekayasa cerita atau bualan yg gw bikin sendiri. Jadi yah, balik lagi ke diri kalian untuk percaya atau engga nya. Sekian.

#The_End
profile picture
Loading...

JAKK Inc Story 2

R e s e r v e d
profile picture
Loading...

JAKK Inc Story 3

R e s e r v e d
profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Foto 1

PERHATIAN
- Foto-foto disini sudah mengalami pengeditan baik dalam ukuran foto maupun kualitas foto.
- Setiap spoiler terdiri dari satu atau beberapa foto dengan masing-masing ukuran 400 x 250 atau 250 x 250.
- Tidak diperkenankan untuk menyebar-luaskan foto-foto yg ada di dalam postingan ini baik dalam media apapun tanpa seizin JAKK Inc.
- Tidak diperkenankan untuk mengedit-edit foto-foto yg ada di dalam postingan ini baik dalam media apapun tanpa seizin JAKK Inc.
- Tidak diperkenankan untuk menyimpan foto-foto yg ada di dalam postingan ini baik dalam media apapun tanpa seizin JAKK Inc.
- Jika ada yg melakukan pelanggaran terhadap 3 pasal terakhir, JAKK Inc. akan melakukan penuntutan hukum secara perdata ataupun pindana sesuai hukum yg berlaku di Indonesia.


Berikut ini adalah beberapa foto JAKK Crew saat sudah di make up dan siap mengisi Obake Yashiki yg kami dirikan untuk menyebarkan jeritan dan ketakutan:

JAKK Crew
Spoiler for The Minion of Darkness:
Spoiler for Hell Priest, Boris the Mercenary:
Spoiler for Kuntilanak, Langsuir, Oyuki, Kuchisake no Onna, Gorgoroth:
Spoiler for Pocong:
Spoiler for Taira no Yuurei, Asakku:
Spoiler for Der Scharfrichter, Hell Butcher:
Spoiler for Noppera-bō:
Spoiler for The Death Doctor, Necro Ambulist, Zombie:
Spoiler for Pinhead, Charon:
Spoiler for Jaldabaoth:
profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Foto 2

JAKK Event
Spoiler for 2011 Festival Budaya Universitas Darma Persada:
profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Foto 3

R e s e r v e d
profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Video 1

VIDEO TRAILER
Trailer Obake Yashiki JAKK Inc. 1
Spoiler for Trailer Obake Yashiki JAKK Inc. 1:


Trailer Obake Yashiki JAKK Inc. 2
Spoiler for Trailer Obake Yashiki JAKK Inc. 2:



VIDEO LAINNYA
JAKK Inc. Ft. Buronan Mertua BAND
Spoiler for JAKK Inc. Ft. Buronan Mertua BAND:


Otaku Otamu with JAKK Inc.
Spoiler for Otaku Otamu with JAKK Inc.:


JAKK Inc. in Gado Gado
Spoiler for JAKK Inc. in Gado Gado:


Harlem Shake JAKK Inc. with Komunitas I Light This
Spoiler for Harlem Shake JAKK Inc. with Komunitas I Light This:


JAKK Inc. in Indonesia Morning Show
Spoiler for JAKK Inc. in Indonesia Morning Show:


JAKK Inc. with IZOC at STBA LIA
Spoiler for JAKK Inc. with IZOC at STBA LIA:

profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Video 2

R e s e r v e d
profile picture
Loading...

JAKK Inc Media Video 3

R e s e r v e d
profile picture
Loading...

JAKK Inc NEWS and EVENT 1

20 November 2011
JAKK Inc. sekeluarga mengucapkan turut berduka cita kepada salah satu kru JAKK Inc. bernama Ervan yg telah kehilangan Ayahanda-nya pada tanggal 20 November 2011 atau pada saat event JAKK Inc. di Urban Fest berlangsung.
Ervan adalah salah satu anggota JAKK Inc. yang masuk dalam divisi teknis, bergabung dengan JAKK Inc. sejak bulan Juli tahun ini.
Di setiap pembangunan Rumah Hantu, Ervan adalah anggota JAKK Inc. yang cakap dalam mengerjakan tugasnya, cekatan, dan berinisiatif tinggi.
Bahkan, dalam "Panic Chamber" di Urban Fest kali ini, Ervan bekerja dengan giat dan luar biasa, kendati alm. Ayahanda sedang dirawat.
Semangat dan etos kerja yang ditunjukkan Ervan selama melakukan tugas-tugasnya membuahkan hasil yang sangat baik.
Kesuksesan JAKK Inc. dalam menghantui Urban Fest kali ini pun tidak lepas dari bantuan Ervan yang semangat bekerja dari malam hingga pagi.
Sekali lagi mari kita doakan semoga Ayahanda dari Ervan mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya, almarhum pasti bangga dengan putranya.
Keep smile Ervan!! Tetap semangat! Dan kita akan kembali menebarkan jerit ketakutan bersama!

5 Mei 2012
Segenap kru kami turut berduka cita, atas wafatnya Ayahanda tercinta dari seorang kru kami, Ayubasauli.S.T., be strong brother.

Semoga Ayahanda Ayubasauli.S.T. mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya dan diterima seluruh amal ibadahnya. May he rest in peace.

Di balik sifat pendiamnya, Ayubasauli.S.T. adalah sosok yang tegas dalam mengambil keputusan, dan selalu siap dengan semua resiko pekerjaan.

Meskipun demikian, Ayubasauli.S.T. juga orang yang senang bercanda dan terkadang suka nge-cengin crew lainnya.

Jadi, dengan adanya Ayubasauli.S.T. di jajaran crew, membuat kami lebih mantap dalam berkreasi. Tidak hanya sebagai crew, tapi juga keluarga.
profile picture
Loading...

JAKK Inc NEWS and EVENT 2

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki
profile picture
Loading...

JAKK Inc Knowledge 1

#Urban_Legend_Dunia

Urban Legend merupakan mitos atau legenda kontemporer yg seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor atau bahkan kisah moral. Urban Legend tidak selalu berarti kisah bohong namun sama seperti kisah yg disebarkan dari mulut ke mulut. Urban Legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional.

Masyarakat Indonesia begitu percaya dengan klenik dan hal-hal serba gaib. Bahkan, apabila anda termasuk yg percaya akan teori Prof. Aryosius Dos Santos, seorang fisikiawan Brazil, bahwa orang Indonesia adalah orang Atlantis. Imajinasi kita akan melihat relik abad pertengahan. Para penyihir, roh-roh gentayangan, dan pertarungan antara manusia sakti melawan manusia sakti lainnya. Semua itu tidak terlalu salah karena memang pada dasarnya manusia Indonesia tidak akan pernah lepas dari kepercayaan kepada yg gaib. Foklor atau cerita rakyat Indonesia yg berbau kepahlawanan tidak kalah dahsyat dengan cerita agung dari Yunani atau Jerman. Yunani punya Iliad, Jerman punya Nibelunglied, Constantinopel punya Catatan Choiates, Inggris punya Centerbury Cales, sementara Indonesia punya Babad di Jawa, Serat di Sunda, Sair di Sumatera, dan Mantra di Kalimantan. Dari yg bercerita tentang kepahlawanan itu, isinya tidak sedikit membawa-bawa Hantu, Jin, Jurig, Kelong Wewe, Genderewo beserta penampakan-penampakan liar makhluk halus. Namun, ada atau tidaknya makhluk-makhluk halus tersebut masih menjadi teka-teki. Percaya tidak percaya.

Berikut ini adalah Urban Legend yg paling sering dibicarakan akhir-akhir ini:

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Slender
#Slender adalah Urban Legend yg terkenal, yg diyakini keberadaannya. Dia dikatakan makhluk hidup dengan karakteristik atau serba-nebula yg didefinisikan mempunyai berbagai kemampuan. Umumnya muncul di zaman modern, sebagai pria tinggi berpakaian hitam atau abu-abu dengan dasi merah atau hitam. Dia juga mengenakan kemeja putih, dan tidak memiliki fitur wajah yg jelas. Dia tidak memiliki rambut tentakel, dan tidak memegang apa-apa. Slender biasanya digambarkan makhluk yg memiliki tinggi sampai 15 meter.

#Binatang_Legenda_Dunia

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

Kucing besar ini berhasil menampakkan dirinya namun tak ada seorang pun yg berhasil membuktikannya, dan tetap menjadi sebuah teror yg menakutkan bagi masyarakat pedesaan. Tanpa memerlukan sebuah penampakan, namun reputasinya begitu besar dan berkesan bagi masyarakat dataran Inggris di abad ke 18, dan kembali populer pada tahun 1950-an akibat munculnya kabar mengenai seekor Puma dari Surrey. Semenjak itu, sosok binatang tersebut menjadi sumber dari semua misteri yg terjadi di masyarakat Inggris, dan bermunculanlah berbagai nama sesuai dengan daerahnya seperti Beast of Bodmin dan Beast of Exmoor. Berdasarkan penuturan, sosok yg menjadi buah bibir ini menyerupai seekor puma ataupun macan kumbang (macan hitam). Beberapa bahkan memposisikan sosok kucing besar ini dengan Urban Legend lainnya yakni Black Dog, sosok mahluk liar dan buas yg menghantui kawasan masyarakat desa, dan yg menginspirasi sebuah novel karya Sir Arthur Conan Doyle, “The Hound of The Baskervilles”. Sebuah fakta yg menyatakan bahwa ketidakhadiran sosok kucing besar ini tidak akan membuat mitos masyarakat di dataran Inggris menjadi sangat menarik untuk dikisahkan. Pada tahun 1991 seekor Eurasia Lynx (sejenis harimau) ditembak mati setelah memakan dan membunuh 15 domba dalam jangka waktu dua minggu. Namun laporan tersebut pada tahun 2003 tidak dianggap benar dan diduga hanya sensasi saja. Akan tetapi pada tahun 2006 polisi melaporkan bahwa telah terjadi penangkapan hidup-hidup terhadap seekor Eurasia Lynx dan puma.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

Masyarakat pantai ataupun para pelaut dikenal sebagai masyarakat yg memiliki tingkat kepercayaan terhadap takhayul yg sangat tinggi. Hal ini terjadi di Albatross, ketika sebuah mitos dan takhayul bercampur, salah satunya mengenai sosok burung misterius ini diabadikan ke dalam sebuah syair kuno para pelaut. Di dalam syair tersebut disebutkan bahwa seorang pelaut telah menembak seekor burung, namun setelah kejadian tersebut ia mengalami sebuah bencana ataupun kutukan. Syair tersebut membantu berkembangnya sebuah mitos di antara para pelaut bahwa dengan menembak burung-burung yg ada di atas Samudera Albatros, maka sebuah kutukan dan kesialan lainnya telah menanti. Para pelaut tersebut bahkan menganggap burung misterius tersebut sebagai sumber bencana, dan bahkan mengatakan bahwa roh dari burung tersebut menghantui lautan Albatross.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

Legenda ini bermula dari seseorang yg kaya di Kota New York yg membawa seekor buaya dari hasil tangkapannya saat berlibur di Florida, lalu memasukan dan membiarkannya hidup di dalam toilet hingga buaya tersebut membesar. Tidak ada yg tahu secara pasti kapan hal ini terjadi namun pada tahun 1920 dan era 30’an adalah masa yg dirasa tepat. Masyrakat New York tidak menyadari bahwa ada seekor buaya besar yg hidup di bawah saluran air bawah tanah, ia hidup dengan memakan tikus-tikus, sampah dan menjadi momok misterius bagi para tuna wisma yg hidup di daerah saluran pembuangan air. Namun tidak ada satu korban jiwa pun yang jatuh, hanya saja pencarian dan pengungkapan semenjak dilaporkan adanya buaya tersebut terlihat, tidak berhasil. Para ahli mengklaim bahwa kawasan Kota New York bukanlah lingkungan yg ideal bagi kehidupan buaya atau reptil. Namun di dalam buku “The World Beneath the City”, Robert Daley, di salah satu bab-nya memberikan judul “Alligators in the Sewer (Buaya di Dalam Got),” berdasarkan wawancara dengan Teddy May, yg menjadi komisaris polisi selama 30 tahun. Dalam bab tersebut diceritakan bahwa May telah melihat buaya berukuran sepuluh kaki dengan mata kepalanya sendiri dan beberapa cerita para pekerja pembersih saluran air yg ketakutan melihat buaya albino berenang ke arah mereka. Maka pencarian pun dilakukan namun tidak menghasilkan apa-apa.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

Rupanya sosok anjing hitam menyeramkan pun tidak hadir dalam cerita legenda masyarakat dataran Inggris saja, namun terjadi juga di Hanging Hill, Connecticut. Dikabarkan sosoknya terlihat beberapa kali dalam berbagai wujud, namun tidak ada yg benar-benar melihatnya, walau demikian sosok misterius tersebut hidup di dalam budaya tutur masyarakat Connecticut. Tidak seperti sosok Black Dog yg menakutkan dan mendominasi ketakutan masyarakat Inggris, sosok yg terdapat di Connecticut lebih kecil berkelompok dan tidak bersuara serta meninggalkan jejak kaki di tempat yg dilaluinya. Dikatakan bahwa siapapun yg melihat sosok anjing ini, mereka akan mendapati kesialan, bahkan kutukan yg berakhir dengan kematian. Banyak kejadian kekerasan dan penganiayaan yg misterius dan menjadikan Anjing Hitam ini tersangka pelakunya. Namun itulah resiko bagi mereka, masyarakat yg hidup di sekitaran lembah pegunungan.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

‘Hantu Cahaya’, adalah sebuah fenomena yg ramai diberitakan. Karakteristikanya sama dengan bentuknya (cahaya) menampakan diri di mana saja dan membuktikan bahwa dirinya tidak sukar untuk ditangkap. Beberapa pengamat dunia paranormal mengatakan bahwa cahayanya terang berkerlip dengan bentuk membulat. Cahaya legendaris ini kemudian dikenal dengan Longdendale Lights, yg menghantui kehidupan masyarakat di Derbyshire, Inggris Utara. Dikatakan bahwa fenomena hantu cahaya ini telah terjadi di berabad-abad lamanya beberapa orang bahkan telah melihat, mencatatnya secara sporadis tanpa membuktikan kebenarannya saat itu. Masyarakat setempat ada yg berpendapat bahwa cahaya tersebut adalah roh dari prajurit Romawi yg penasaran, ada juga yg menyebutkan hantu api unggun. Namun itulah sosok mahluk di dalam Urban Legend, tidak ada yg melihat wujud dan mengetahui keberadaannya secara pasti, namun tetap dibicarakan hingga menjadi sebuah kepercayaan.
profile picture
Loading...

JAKK Inc Knowledge 2

#Urban_Legend_Jepang

Berikut ini adalah beberapa Urban Legend yg terkenal di Jepang:

#Gashadokuro
#Gashadokuro atau Odokuro, kerangka raksasa dengan tinggi 15 kali manusia biasa. Tubuhnya yg besar dikatakan berasal dari tulang belulang orang yg mati kelaparan. Tulang belulang ini disatukan menjadi kerangka yg sangat besar yg penuh dengan kebencian dan haus darah manusia. Gashadokuro bergentayangan di malam hari, mengertakan giginya dan memunculkan suara "gachi gachi". Walau besar dan tinggi, kerangka raksasa ini berjalan tanpa suara atau seperti melayang. Jika Gashadokuro bertemu denganmu, ia akan menggenggammu dengan tangan rangkanya lalu ia akan mencabut kepalamu dan menghisap darah dari badanmu sampai kering.

#Ohaguro_Bettari
#Ohaguro_Bettari adalah setan perempuan yang muncul di kegelapan di sekitar kuil di daerah sekitar kota. Ada juga cerita, ia muncul di rumah, walau jarang sekali. Ia mengenakan kimono yang indah, dan kadang ada yang melihat ia mengenakan pakaian pernikahan, dan selalu menyembunyikan wajahnya dibalik cadar. Dari belakang, ia nampak seperti wanita yang cantik, dan orang lewat pasti akan bertanya kenapa ia berada di pinggir jalan sendirian. Dengan berteriak "Gya!" ia menampakkan wajahnya yang pucat, dengan rahang yang hilang yang menampakkan gigi atasnya yang berwarna hitam dan menyeramkan.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Funayuurei
#Funayuurei adalah arwah orang-orang yg meninggal di lautan. Kadang mereka digambarkan seperti manusia setengah ikan dan ada yg bilang menyerupai ikan duyung. Mereka akan mendekati kapal dan bermaksud meminjam Hishaku (alat untuk menyerok air). Jika telah diberikan mereka pun akan menumpahkan air laut yg sangat banyak ke dalam perahu sampai tenggelam.

#Onryou
#Onryou adalah arwah mitologi dari Jepang yg dapat kembali ke badan untuk menuntut balas. Mereka akan menjadi lemah dalam fisiknya dan kadang mereka meratapi kekasih mereka. Namun setelah mereka kembali ke alam kematian, mereka menjadi kuat kembali. Mereka akan senang menyiksa bekas kekasih mereka sampai pada titik kegilaan. Onryou akan menunggu beberapa hari atau minggu sebelum menyerang dengan frontal korban mereka. Banyak cerita mengisahkan kalau Onryou akan diam dan menyaksikan dengan perlahan siksaan yg mereka lakukan pada orang yg tidak mereka sukai. Walau kebanyakan Onryou adalah perempuan, Onryou lelaki dapat digambarkan hanya di kesenian Kabuki.

#Jinmenken
#Jinmenken adalah siluman anjing dengan wajah manusia yg selalu muncul di malam hari dan berlari-lari di sekitar jalan kota dengan cepatnya. Jinmenken juga dapat berbicara, tapi banyak cerita yg mengatakan ia akan berkata kasar ataupun ingin ditinggal sendiri. Jinmenken tidak membunuh siapapun yg ia temui, walau mereka kadang dikaitkan dengan hewan eksperimen yg lepas atau arwah penasaran korban tabrak lari.

#Hikiko
#Hikiko adalah seorang gadis perempuan yg dirawat dengan kekerasan oleh orang tuanya dan di-bully teman-temannya di sekolah dasar hal ini menyebabkan ia menjadi buruk rupa. Untuk membalas dendam, ia menculik seorang anak sekolah dasar dan menyeret dan menyiksanya sampai badannya tidak berbentuk lagi. Dalam Bahasa Jepang, saat nama lengkap Hikiko yaitu Mori Hikiko dibaca dari belakang maka menjadi Hikikomori yg berarti hidup menyendiri.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Hanako
#Hanako, kisah yg paling populer di antara Urban Legend lainnya di Jepang. Hanako adalah sosok hantu perempuan yg biasanya menghantui toilet perempuan di sekolah. Hanako bisa dipanggil dengan mengetuk pintu toilet tiga kali sambil bertanya, "Apakah kamu disini, Hanako san?" Jika ada jawaban dengan suara misterius, maka dalam bilik toilet akan muncul seorang gadis dengan rok merah atau pakaian serba putih. Ada banyak versi tentang sejarah Hanako. Ada yg menyebutkan bahwa ia dulunya adalah murid korban bullying di sekolah, namun ada yg mengatakan bahwa ia adalah korban pengeboman sekolah ketika sedang bermain petak umpet.

#Kuchisake_Onna
#Kuchisake_Onna. Mengenakan masker untuk melindungi debu atau virus adalah hal yg biasa. Namun hati-hati jika di Jepang anda bertemu seorang perempuan mengenakan masker di malam hari, bisa jadi ia adalah Kuchisake Onna. Kuchisake Onna sering muncul di jalanan sepi dan bertanya pada orang yg ada di hadapannya apakah dia cantik. Bila orang tersebut menjawab iya, Kuchisake Onna akan melepas maskernya dan bertanya lagi: "Meskipun begini?" sambil memperlihatkan luka robek di sepanjang mulutnya hingga mendekati kedua telinga. Jika orang yg ditemui menjawab tidak, maka Kuchisake Onna akan segera membunuh korbannya dengan gunting yg selalu ia bawa. Ada beberapa versi tentang sejarah munculnya hantu Kuchisake Onna. Versi yg paling populer menyebutkan bahwa dulunya Ia adalah selir samurai yg sangat cantik namun gemar berselingkuh. Ketika perselingkuhannya terungkap, suaminya sangat marah dan melukai wajah Kuchisake Onna dari telinga ke telinga. Sementara itu versi lainnya menyebutkan bahwa ia adalah korban malpraktek dari seorang dokter yg hendak mengoperasikannya. Saat itu ia dibius menggunakan minyak yg berbau menyengat. Ketika sedang operasi, ia tidak bisa tenang karena bau yg menyengat tersebut, lalu secara tidak sengaja sang dokter merobek mulutnya menggunakan pisau bedah.

#Kashima_Reiko
Cerita tentang #Kashima_Reiko sangat populer di kawasan Hokkaido. Ia berwujud perempuan dengan dua badan yg terpisah di bagian pinggang. Menurut cerita, suatu malam Kashima Reiko diganggu oleh segerombolan pria. Kashima Reiko berteriak minta tolong namun tak ada yg mendengar. Ia lalu merangkak hingga tak sadarkan diri di sebuah rel kereta api hingga kereta datang dan membelah badannya menjadi dua bagian. Sejak itu, Kashima Reiko terkenal menjadi Urban Legend tentang seorang perempuan yg mencari bagian tubuhnya yg lain. Hantu ini sering diceritakan muncul di kamar mandi sekolah dan gedung perkantoran sekitar Hokkaido.

#Aka_Manto
Red Cloak atau Red Cape, dalam Bahasa Jepang dikenal dengan sebutan #Aka_Manto. Ia adalah sosok hantu pria yg bergentayangan di kamar mandi perempuan dengan mengenakan jubah merah dan sebuah topeng untuk menutupi wajahnya yg tampan. Kemunculannya ditandai dengan suara misterius yg bertanya pada pengunjung toilet apakah ia ingin kertas warna merah atau biru. Jika pengunjung toilet memilih warna merah maka ia akan dibunuh dengan kejam hingga bersimbah darah, sedangkan jika memilih warna biru, Aka Manto akan datang mencekik korban hingga kulit korban berubah menjadi pucat kebiruan karena kehabisan nafas.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Himuro_Mansion
Penggemar video game Fatal Frame pasti tidak asing dengan kisah #Himuro_Mansion. Dalam permainan tersebut diceritakan bahwa kisah tentang Himuro Mansion diangkat berdasarkan kisah nyata. Himuro Mansion adalah sebuah rumah tradisional Jepang yg terletak di area terjal berbatuan di perbatasan Tokyo. Tempat ini menjadi terkenal karena pernah terjadi pembantaian besar-besaran di sana. Keluarga besar Himuro adalah pengikut aliran Shinto kuno yg taat. Salah satu ritual yg masih dijalankan adalah The Strangling Ritual yg bertujuan untuk melindungi keluarga Himuro dari karma buruk. Tradisi ini dilakukan setiap 50 tahun sekali dengan cara memilih bayi perempuan dari keluarga untuk dibesarkan secara diam-diam dan diisolasi dari dunia luar. Ketika ritual dijalankan, anak perempuan ini digiring keluar dari tempat persembunyiannya dengan leher, tangan dan kaki terikat pada sekawanan sapi atau kuda yg akan menarik tubuhnya. Suatu saat dalam sebuah cerita setempat disebutkan bahwa anak perempuan ini jatuh cinta pada pria yg menyelamatkannya dari ritual mematikan ini, mengetahui hal ini, kepala keluarga Himuro saat itu segera mengambil pedang dan membunuh semua anggota keluarganya secara brutal.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Okiku
Sepintas, tak ada yg aneh dengan boneka #Okiku. Penampilannya sama dengan boneka khas Jepang lainnya yaitu boneka berukuran sekitar 40 cm diletakkan di kuil Manneki di kota Iwamizawa. Menurut adat kuil tersebut, rambut boneka Okiku harus dipotong pendek hingga di atas bahu. Anehnya, lama kelamaan rambut Okiku bertambah panjang hingga 25 cm sampai menyentuh lutut. Meskipun rambutnya dipotong, namun secara ajaib rambutnya terus tumbuh kembali. Menurut cerita, awalnya boneka ini dibeli seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki untuk adiknya yg bernama Okiku. Boneka tersebut menjadi boneka kesayangan Okiku. Tak lama kemudian, Okiku sakit demam yg parah hingga kemudian meninggal. Boneka tersebut rencananya akan dimasukkan ke peti bersama jenazah Okiku namun tertinggal. Sepeninggal Okiku, keluarganya pindah ke luar kota dan menitipkan boneka Okiku ke kuil Manneki. Sejak itu, setiap tengah malam banyak yg mendengar suara tangisan anak kecil dan melihat penampakan anak kecil yg menyisir rambutnya di depan kuil.

#Nopperabou
#Nopperabou atau Hantu Muka Rata adalah salah satu Urban Legend yg paling tua di Jepang. Wujudnya sama seperti manusia biasa, hanya saja wajahnya rata tanpa mata, hidung dan bibir. Ia sering muncul tiba-tiba lalu berbicara dengan ramah terhadap orang lain. Awalnya lawan bicaranya tidak menyadari jika ia sedang berbicara dengan Nopperabou. Ketika lawan bicaranya lengah, Nopperabou segera menunjukkan wajahnya yg rata dan membuat lawan bicaranya lari terbirit-birit.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Teke_Teke
#Teke_Teke, sebuah Urban Legend Jepang tentang hantu seorang wanita muda, kadang juga anak sekolah, yg jatuh ke rel kereta dan tubuhnya terpotong dua saat sebuah kereta lewat. Sekarang, arwahnya yg penasaran yg membawa sabit, berjalan dengan dua tangan atau sikutnya sambil menyeret badan bagian atasnya dengan tulangnya yg bergesek dengan aspal yg menimbulkan suara "Teke Teke". Jika bertemu seseorang, dia akan membelah orang itu menjadi dua tepat di badannya agar sama dengan dirinya dulu, ada anak lelaki yg berjalan pulang dari sekolahnya pada malam hari dan melihat gadis cantik di beranda jendela kelas dengan lengan menopang wajahnya. Mereka pun saling tersenyum. Anak itupun berpikir apa yg dilakukan gadis itu di sekolah si anak lelaki. Sebelum anak itu bertanya, wanita itu loncat dari jendela dan terlihat setengah badannya yg hilang. Merinding berdiri, anak lelaki itu membatu dan tidak dapat berlari sampai Teke Teke memotong tubuhnya menjadi dua.

#Yuki_Onna
#Yuki_Onna, sesosok hantu dalam cerita rakyat Jepang. Dia selalu muncul di malam bersalju dengan penampakannya yg tinggi, cantik dengan rambut hitam panjang dan bibir pucat. Pucat wajah dan kulitnya membuat dia menyatu dengan baik dalam badai salju. Kadang ia memakai kimono putih, tapi legenda lain menggambarkannya tanpa baju sama sekali. Dia melayang-layang melalui tebalnya salju yg turun menurut cerita, Yuki Onna muncul di hadapan para pengembara yg terjebak di badai salju dan meninggalkan korbannya membeku. Namun menurut cerita lain, Yuki Onna menculik anak-anak dan membawanya ketengah badai salju.

#Shirime
#Shirime adalah hantu Jepang yg aneh dengan letak mata tepat di anusnya. Menurut cerita, pada jaman dahulu ada seorang Samurai berjalan di tengah malam di sebuah jalan menuju kota Kyouto, saat ia mendengar seseorang memanggilnya untuk menunggunya, Ia pun menoleh dan berucap "Siapa disana?", dengan kagetnya ia menemukan seorang pria bugil dan menunjukkan pantatnya. Sebuah mata yg besar lalu membelalak tepat di anus pria bugil itu.

Tim Kreatif Pembuatan/Dekorasi Untuk Rumah Hantu/Haunted House/Obake Yashiki

#Nukekubi
#Nukekubi adalah siluman menurut cerita rakyat di Jepang. Saat siang, Nukekubi tampak seperti manusia. Namun saat malam hari, kepala mereka dapat lepas dari lehernya dan terbang untuk mencari mangsa manusia. Kepala ini menyerang dengan cara berteriak, mendekat dan menggigit. Menurut cerita, saat badan Nukekubi dalam posisi tanpa kepala, dipindahkan dari tempat semula dan membuat kepalanya terus mencari badannya sampai matahari terbit, maka Nukekubi dapat mati. Satu-satunya cara membedakan Nukekubi dari orang pada umumnya di siang hari adalah dengan melihat lingkar merah disekitar leher mereka akibat lepasnya kepala mereka saat malam hari. Walaupun bekas tanda ini mudah sekali disembunyikan oleh Nukekubi dengan kalung ataupun kerah baju.

#Kuma_Onna
Beberapa poster atau artikel di tempel di dinding terowongan yg sepi di Jepang. Banyak yg menganggapnya hanya rumor untuk menakuti para siswa yg sering pulang malam hari dan melewati terowongan tersebut. Apa atau siapa itu #Kuma_Onna? Kuma Onna adalah sesosok wanita yg memegang sebuah boneka beruang, di dalam boneka beruang yg ia pegang terdapat berbagai macam perhiasan dan aksesoris yg berharga yg ia ambil dari korbannya. Betul, ia hanya ingin mengambil perhiasan yg terdapat di tubuhmu tapi sayangnya cara ia mengambil perhiasanmu dengan cara memotong bagian tubuhmu yg memakai perhiasan tersebut. Ketika ia memunculkan dirinya dan menentukan targetnya, ia akan membacakan sebuah puisi yg bunyinya kurang lebih, "Anak sekolah memakai lipstik agar terlihat cantik. Memasang pita berwarna merah di dada mereka. Mereka selalu berdusta dengan cara menangis seperti bayi. Kepada kekasih atau orang tua mereka. Memakai sesuatu tanda kesombongan. Hanya untuk menuju kematian". Menurut salah seorang siswi yg pernah bertemu dengan Kuma Onna, satu-satunya cara untuk selamat yaitu melepaskan dan meninggalkan semua perhiasan atau aksesoris yg kamu kenakan, maka ia akan pergi sambil membawa perhiasan atau aksesoris yg tadi kamu tinggalkan.

#Rokurokubi
Wanita Leher Panjang atau #Rokurokubi adalah sebuah legenda perkotaan di Jepang tentang perempuan yg mempunyai leher yg sangat panjang menurut cerita beberapa Rokurokubi sebenarnya lebih memilih untuk menjalani kehidupan mereka dengan berpura-pura menjadi manusia biasa dan merekapun sangat menikmatinya, sayangnya ketika malam tiba, leher mereka akan tumbuh dan tumbuh semakin panjang dengan sendirinya dan ketika lehernya sudah semakin panjang, keinginan untuk membunuh manusianya pun semakin kuat. Rokurokubi mengeluarkan kepala melalui jendela dan berliuk-liuk memasuki rumah-rumah penduduk untuk memangsa mereka, sementara badannya tetap tinggal ditempat. Rokurokubi muda lebih memilih menakut-nakuti korbannya daripada memangsa mereka. Rokurokubi sangat takut dengan pohon yg mempunyai banyak duri karena dapat merobek kulit leher mereka.

#Gozu
#Gozu atau Kepala Sapi, adalah suatu judul kisah dalam Urban Legend Jepang. Legenda tersebut bercerita tentang suatu rombongan murid sekolah yg melakukan perjalanan darmawisata. Saat para murid merasa bosan di tengah perjalanan, seorang guru yg bersemangat untuk menceriakan murid-muridnya memutuskan untuk mengisahkan beberapa cerita seram. Para murid menikmati ceritanya namun saat sang guru mulai kehabisan cerita untuk disampaikan, tiba-tiba ia bertanya apakah ada yg pernah mendengar kisah "Kepala Sapi". Tiada yg mengetahui cerita akhirnya sang guru pun bercerita. Awalnya, para murid menikmati cerita tersebut dengan sungguh-sungguh, namun perlahan-lahan, banyak yg ketakutan. Beberapa murid memohon agar sang guru menghentikan ceritanya namun sang guru tampak seperti sedang kesurupan dan tak mau berhenti bercerita. Beberapa saat kemudian, akhirnya sang guru sadar dan mendapati bahwa bus berhenti di tengah jalan. Para murid dalam keadaan kejang, mata mereka menjuling ke atas, mulut mereka berbuih, dan sang sopir mengalami kondisi yg sama. Semuanya masih hidup namun sang guru tak mampu mengingat kisah yg ia ceritakan, dan tak ada yg dapat menceritakan bagaimana kisah "Kepala Sapi" tersebut menurut versi lain, siapa pun yg mendengar cerita tersebut tidak akan mampu untuk menceritakannya kembali karena akan segera menemui ajal menurut rumor, kisah terkutuk tersebut merupakan sepenggal kisah karya penulis fiksi ilmiah, Sakyo Komatsu yg tak dipublikasikan, namun tidak ada bukti bahwa penulis tersebut terlibat dalam legenda Kepala Sapi. Ada cerita rakyat Ukraina yg berjudul Kepala Sapi, tentang gadis yg mendapatkan keberuntungan setelah mempersembahkan makanan dan tempat tinggal kepada kepala sapi yg mengunjunginya di suatu malam, namun kisah tersebut tidak mungkin dapat menimbulkan kepanikan atau histeria bagi para pendengarnya. Ada juga film Jepang tahun 2003 berjudul Gozu, disutradarai oleh Takashi Miike yg meskipun mengumbar kekerasan dan adegan tak masuk akal, tidak ada kaitannya dengan legenda Kepala Sapi tersebut.
profile picture
Loading...

JAKK Inc Knowledge 3

#Urban_Legend_Tempat_Jepang

#Hitobashira
Untuk mendirikan tiang bangunan yg kokoh dibutuhkan bahan dengan kualitas terbaik. Tapi pernahkah kamu mengetahui jika untuk mendirikan tiang bangunan yg bisa bertahan selama beratus-ratus tahun diperlukan tubuh manusia untuk memperkokohnya? Menurut cerita pada jaman Kerajaan di Jepang, orang-orang dikorbankan dan disegel (dikubur/disemen hidup-hidup) ke dalam bangunan kerajaan sebagai pengorbanan sebagai persembahan kepada para dewa untuk menjaga bangunan kerajaan agar dapat berdiri kokoh. Mereka yg dikorbankan disebut #Hitobashira. Pada tahun 1914 terowongan Jyoumon dibangun di jalur utama Sekihoku (Hokkaido). Dibangun dengan pilar-pilar manusia. Pada tahun 1968 terjadi gempa bumi dahsyat yg merusak bagian dalam dinding. Setelah melakukan renovasi, pekerja menemukan sejumlah kerangka berdiri tegak dan disegel di dalam tembok dinding terowongan. Menurut cerita masyarakat disana, arwah yg marah mengakibatkan gempa dahsyat terjadi untuk menghormati para korban, dibangun sebuah monumen penghormatan. Struktur terkenal lainnya yg dikabarkan memanfaatkan pilar manusia antara lain: jembatan Fukushima (Tokushima), saluran irigasi (Nagano) dan tanggul Manda (Osaka).

#Kebakaran_Tahun_1932
Tanggal 16 Desember 1932, kebakaran toserba Shirokiya di Tokyo memakan korban 14 jiwa. Selama kebakaran, banyak pramuniaga wanita berkimono yg terdesak sampai ke atap gedung yg berlantai delapan tersebut. Beredar desas-desus bahwa beberapa pramuniaga menolak terjun ke jaring penyelamat yg disiapkan para pemadam kebakaran di bawah gedung. Secara tradisional, para wanita tidak memakai pakaian dalam jika berkimono, dan mereka takut untuk terjun sebab bagian pribadi tubuh mereka bisa terekspos dan menyebabkan rasa malu, dan akibatnya mereka tewas dalam kebakaran tersebut. Berita ini menarik perhatian hingga ke Eropa. Diduga bahwa setelah kebakaran berakhir manajemen toserba tersebut menyuruh para pramuniaga wanitanya untuk memakai celana dalam atau pakaian dalam lainnya meskipun berkimono dan tren itu pun tersebar.

#Kutukan_Taman_Inokashira
Di Taman Inokashira, Tokyo, ada suatu danau dan penyewaan perahu dayung bagi para pengunjung. Diyakini bahwa bila sepasang kekasih menaiki perahu bersama-sama maka hubungan mereka akan segera berakhir. Legenda tersebut dihubungkan dengan suatu kuil di dekatnya yg didedikasikan untuk Benzaiten. Diyakini ia sangat pencemburu dan memutuskan hubungan pasangan kekasih yg menaiki perahu.

#Kutukan_Kamar_Merah
Kisah Kamar Merah adalah legenda internet mengenai pop-up yg muncul di tampilan layar komputer korbannya. Tampilannya hanya menampakkan suatu pintu merah dan rekaman suara "Apakah kamu suka?" Pop-up tersebut terus muncul bahkan bila berusaha ditutup berkali-kali sampai akhirnya pertanyaan terdengar lengkap: "Apakah kamu suka kamar merah?" Orang yg melihat pop-up tersebut ditemukan tewas, sementara tembok kamarnya dicat merah dengan menggunakan darahnya sendiri. Legenda tersebut berawal dari animasi flash tentang seorang anak laki-laki yg dikutuk setelah menyaksikan pop-up tersebut, dan menjadi terkenal setelah ditemukan bahwa gadis yg menggorok temannya sendiri di Sasebo tahun 2004 memarkahi situs video tersebut dan menjadi penggemarnya.
profile picture
Loading...

JAKK Inc Knowledge 4

#Urban_Legend_Yunani

#Medusa
Nama monster yg satu ini pasti sudah sering terdengar. #Medusa adalah seorang biarawati cantik yg dikutuk oleh Dewi Athena menjadi gadis berkepala ular, karena gadis itu dianggap mengotori kuilnya setelah Medusa 'dinodai' oleh Poseidon di tempat tersebut. Seketika wajah Medusa yg tadinya cantik dan berseri berubah menjadi sedemikian buruknya, dengan rambut berwujud ular dan kulit bersisik. Tak hanya itu Athena juga mengutuk mata Medusa sehingga siapapun yg melihatnya akan berubah menjadi batu. Medusa tinggal di sebuah pulau kecil bersama dua orang saudaranya, Stheno dan Euriale. Oleh masyarakat Yunani, ketiga kakak-beradik putri dewa laut kuno Forkis dengan Keto itu disebut "Gorgon" yg berarti menakutkan. Stheno dan Euriale juga memiliki rambut ular seperti Medusa. Bedanya, mereka berdua adalah makhluk kekal sedangkan Medusa tidak. Artinya, Stheno dan Euriale tidak sapat dibunuh dengan cara apapun. Berbeda dengan saudaranya tersebut. Medusa akhirnya mati ditangan Perseus, putra tunggal dari Dewa Zeus dan Danae. Pemuda yg dikisahkan selalu berbakti pada ibunya tersebut berhasil merenggut nyawa Medusa atas bantuan Dewa Zeus dan Dewi Athena, yg membekalinya dengan senjata-senjata serta berbagai macam nasihat.

#Cerberus
Anjing berkepala tiga ini merupakan peliharaan Hades, dewa dunia bawah. #Cerberus bertugas sebagai penjaga dunia bawah. Dengan penciuman tajamnya, ia dapat melacak keberadaan para arwah penghuni alam tersebut. Kobaran api yg luar biasa panas dapat keluar dari mulut-mulutnya membakar arwah-arwah yg berusaha kabur dari neraka. Cerberus merupakan anak dari Typhon dan Echidna, dua monster menakutkan dalam mitologi Yunani. Meskipun ganas, Cerberus dapat ditenangkan dengan cara memainkan musik dan menyerahkan persembahan makanan.

#Hydra
Sama halnya dengan Cerberus, #Hydra juga termasuk sebagai salah satu keturunan dari Typhon dan Echidna. Monster naga berkepala sembilan ini hidup di salah satu rawa wilayah Lerna. Jika salah satu dari kepalanya terputus, maka akan tumbuh kepala-kepala baru. Beberapa literatur mengatakan bahwa jumlah kepala yg tumbuh dapat mencapai dua buah kepala. Hydra memiliki nafas dan darah yg beracun. Sebelum Herakles (Hercules) membunuh makhluk tersebut, Herakles mengenakan penutup hidung agar tak menghirup nafas mematikan Hydra untuk membunuh Hydra, Herakles langsung membakar leher Hydra begitu ia menebas kepalanya. Hal tersebut dilakukannya agar tidak tumbuh kepala baru dari leher-leher tersebut. Herakles berhasil membakar 8 dari 9 kepala Hydra. Kepala terakhir yg merupakan kepala abadi Ia kuburkan dalam batu-batu besar.

#Minotaur
#Minotaur hidup di labirin. Hal tersebut diakibatkan karena Minotaur merupakan monster ganas yg konon bisa memakan manusia Daedalos, seorang arsitek membuatkannya sebuah istana labirin dan mengurung manusia berkepala banteng ini di dalamnya. Untuk menenangkan Minotaur, penduduk Athena harus mengirimkan tumbal berupa 7 orang pemuda dan 7 orang gadis di setiap tahunnya. Minotaur sendiri lahir akibat hubungan terlarang antara Pasiphae, menantu Dewa Zeus dengan banteng dari laut yg bernama The Creatan Bull. Tentunya, Pashipae tak serta-merta jatuh cinta pada seekor banteng hingga kejadian terlarang itu terjadi. Hal tersebut bermula dari suami Pasiphae, Minos yg berjanji pada Dewa Poseidon untuk mengirimkan seekor banteng putih. Namun, Minos justru menyukai banteng yg akan dia jadikan persembahan tersebut. Karena itulah dia menggantikan banteng tersebut dengan banteng yg lain. Mengetahui kejadian tersebut, Poseidon marah Ia mengutuk Minos dengan cara memerintahkan Dewi Cinta Aphrodite untuk membuat Pasiphae jatuh hati pada seekor banteng. Dalam folktale minotaur mati karena dibunuh oleh Thesus dan Ariadne, sesosok pemuda dan seorang putri raja, yg menyamar sebagai tumbal. Taktik mereka dalam mengalahkan makhluk menyeramkan ini adalah dengan benang yg Thesus sebar di setiap jalan yg ia lalui, dan Ariadne akan memegang pucuk benangnya. Hal itu mereka lakukan agar mereka tidak tersesat di dalam labirin.